Penyebab dan Solusi Postingan Tidak Terindeks Google

google indeks
    Bagi semua sahabat blogger, artikel diindeks oleh google search adalah salah satu hal yang pasti diharapkan. Karena dengan terindeksnya artikel kita oleh mesin pencari, postingan kita bisa dengan mudah ditemukan oleh para pembaca. Akan tetapi bila artikel atau postingan kita tidak terindeks oleh google, maka semua tulisan kita tidak akan ada yang membacanya. Meskipun dengan hanya terindeks saja masih belum cukup untuk bisa mendatangkan banyak pembaca. Cara yang paling tepat adalah dengan mengoptimasi blog kita supaya postingan kita bisa menempati posisi 10 besar atau dihalaman  pertama pada hasil pencarian google. Tetapi yang menjadi masalah mendasar disini adalah Postingan kita harus sudah terindeks oleh google. Karena tidak mungkin postingan kita saja tidak terindeks, kok bisa menempati posisi teratas di hasil pencarian google. lantas hal-hal apa saja yang menyebabkan postingan artikel kita tidak ter indeks? 

Berikut beberapa penyebab yang saya rangkum dari hasil searching di google dan hasil baca baca di forum google.





Pertama, adanya kemungkinan terblokir oleh tag "noindex", 
dengan adanta tag ini google tidak akan mengindeks postingan yang telah anda publish. Sehingga saat google akan mengindeks postingan anda google akan menganggap bahwa anda memang menghendaki supaya postingan tersebut tidak diindeks. cara mengatasinya adalah anda harus menghilangkan tag tersebut.

Kedua, adanya kemungkinan url diblokir oleh fitur penghapusan halaman. dalam kasus ini mungkin ada seseorang yang mengirimkan permintaan penghapusan halaman postingan anda. Anda bisa melihat siapa yang mengajukan permintaan penhapusan melalui layanan Google Console atau Google Webmaster. Jika memang penyebabnya adalah ini, anda tidak usah mengirimkan url lagi. karena nantinya akan bisa terindeks lagi.


Ketiga, Adanya kemungkinan pemblokiran oleh robots.txt.


Penyebab selanjutnya adalah adanya kemungkinan saat google akan merayapi situs anda, situ kelebihan muatan sehingga tidak bisa dilakukan. sehingga akan dirayapi lain kali oleh google. dan semuanya pastinya membutukhkan waktu tentunya.



Penyebab lain yang bisa saja terjadi adalah URL postingan anda telah dihapus dari ineks google karena alasan tertentu. Kalau untuk kasus yang satu ini, mungkin anda harus pasrah pada kebijakan google saja.. :)




Demikian sedikit rangkuman yang saya dapat dari pengalaman yang terjadi pada blog saya ini. semoga masalah anda bisa terpecahkan dengan membaca postingan ini. Bila kurang jelas anda bisa membaca selengkapnya Bantuan Search Console

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Penyebab dan Solusi Postingan Tidak Terindeks Google "

  1. kan tinggal di index sendiri bisa gan.. indek mandiri pakai search console,,


    ditunggu kunbalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap gan
      makasih kunjungannya gan,,

      Hapus
  2. Sangat bermanfaat ilmunya dan bisa berguna untuk para pemula blogger

    BalasHapus
  3. mantapp, templatenya dari mas sugeng ya bang, saya juga punya, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul gan,, heheh
      makasih kunjungannya gan,,

      Hapus