Skip to main content

follow us


Memiliki blog yang ramai pengunjung adalah impian semua blogger. Untuk mencapai itu semua tidaklah semudah membalik telapak tangan. apalagi bagi blogger pemula seperti saya sendiri. Ada banyak hal yang harus kita lakukan supaya blog milik kita didatangi banyak pengunjung. 
Selain backlink dan artikel yang bagus, yang tidak kalah pentingnya lagi adalah loading blog itu sendiri. Banyak diantara sobat blogger yang hanya sibuk memperbayak backlink untuk meningkatkan trafic mereka. Namun mereka tidak memperhatikan optimasi on page blog mereka. Padahal sebenarnya kecepatan loading juga mempengaruhi trafic suatu blog. Kenapa bisa begitu? Karena bila blog kita loadingnya berat atau lambat maka pengunjung yang tidak sabar tidak jadi masuk ke blog kita. Apalagi orang indonesia, paling tidak suka dengan yang namanya menunggu. Ibarat kata Kalau ada yang lebih cepat kenapa harus nunggu yang lama..? anda pun pasti begitu, pas lagi blogwalking nemu blog yang loadingnya super lelet. Pasti anda langsung menutup halaman tersebut dan memilih blog yang lain.
Nah untuk memperingan loading blog anda , tidak ada salahnya mencoba tips-tips berikut ini:

1. Gambar

Kurangi penggunaan gambar tidak penting dalam template blog dan kalau bisa jangan menggunakan gambar sebagai background template karena saat melakukan loading, gambar akan otomatis terbaca. 
Bahkan ada beberapa blog yang memasang widget-widget bergambar yang tidak jelas apa manfaatnya untuk optimasi blog.  Seperti yang ada pada blog ini, tidak ada gambar atau gambar background yang terpasang pada template (kecuali gambar iklan. 

2. Ukuran Gambar

Ukuran gambar juga mempengaruhi loading blog dan juga kenyaman pembaca artikel blog anda.  Jika anda menampilkan ukuran gambar sesuai ukuran aslinya, ganti ukuran gambar tersebut yang anda pasang ke dalam artikel blog anda. 
Selain itu gunakan atribut layout responsive supaya tampilan gambar terlihat rapi saat dibuka melalui mobile device. Jika tidak menambahkan atribut ini, gambar akan terpotong saat dibuka melalui perangkat mobile.

3. Url Gambar

Pada artikel blog, jangan menggunakan url gambar dari luar atau milik url gambar milik blog orang lain, karena hal ini akan terbaca sebagai media dari luar blog sobat. Misalnya menggunakan url gambar dari photobucket atau url gambar blogspot milik orang lain. Solusinya agar usaha mempercepat loading blog anda berhasil, upload sendiri gambar yang ingin anda pasang pada artikel blog anda. 

4. Link Gambar

Kadang saya menemukan blog yang masih menggunakan link gambar asli tanpa mengganti dengan link khusus. Misalnya, ketika anda mengupload sebuah gambar ke dalam artikel maka gambar akan disertai oleh link gambar itu sendiri. Seperti halnya pada blog saya ini yang tidak menyertakan link gambarnya. 
Ya meskipun gambar yang ditampilkan menggunakan resolusi rendah, dan tidak bisa melihat gambar aslinya. Tetapi itu semua akan berdampak baik terhadap blog anda.

5. Html Script

Jika anda menggunakan template dan pada template tersebut mengandung html script orang lain, pastikan anda menggantinya terlebih dahulu. Misalnya kode script untuk artikel terkait, http://scriptoranglain.googlecode.com/files/artikelterkait.js karena jika anda menggunakan script orang lain maka link script itu akan dibaca sebagai media luar dari template anda. Solusinya agar usaha mempercepat loading blog anda berhasil, ganti script tersebut dengan nama anda sendiri.

6. Widget

Terkadang saya menemukan beberapa blog yang memasang widget yang sebenarnya tidak manfaatnya. Misalnya widget jam, widget daftar traffic, dan masih banyak lainnya. Sebenarnya tidak memasang widget jam pun, dalam device pengunjung pun sudah ada penunjuk jam. Dan kalaupun anda memasang widget traffic blog, itu tidak ada gunanya bagi pembaca blog anda.

7. Link Iklan

Untuk memasang iklan di blog, jangan terlalu berlebihan karena sangat mengganggu pembaca sehingga pembaca segera menutup blog kita. Memasang beberapa unit iklan tidak masalah asal penempatan sesuai dan tidak mengganggu pembaca.  


Baca Juga Lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar