Skip to main content

follow us


Motivasi setiap orang untuk mempelajari bahasa jepang pastilah berbeda-beda. Ada yang karena ingin pergi traveling ke jepang, atau ingin bekerja di jepang dan masih banyak lagi alasan lainnya.
Mungkin ada beberapa orang yang ingin mempelajari bahasa jepang, hanya karena suka nonton anime atau menyukai sesuatu yang berbau jejepangan. Seperti anda sendiri yang mencari tips cepat belajar bahasa jepang di google dan akhirnya menemukan postingan ini, pastinya anda juga memiliki alasan sendiri kenapa anda tertarik untuk belajar bahasa jepang. Entah anda termasuk dalam kategori yang saya sebutkan di atas, atau alasan lain yang membuat anda ter motivasi untuk belajar bahasa asing yang satu ini.

Sama seperti belajar bahasa asing lainnya, belajar bahasa jepang juga terlihat sangat sulit pada permulaanya. Disamping kosa katanya yang 180 derajat berbeda dengan bahasa indonesia, pola kalimat atau tata bahasanya pun juga sangat jauh berbeda. Mungkin bisa dibilang pola kalimatnya kebalikan dari pola kalimat bahasa kita. seperti apa pola kalimatnya, nanti akan kita bahas dikesempatan berikutnya. Sebelum masuk sampai jauh, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang Bagi Pemula.

Disini saya tidak bermaksud menggurui ataupun merasa lebih pandai, tetapi saya hanya ingin sekedar berbagi sedikit pengalaman belajar bahasa jepang. Dan berikut ini adalah cara mudah belajar bahasa jepang yang bisa anda praktekkan.


1. Bulatkan Niat dan Tekat

Mungkin kata kata ini sedikit berlebihan. Akan tetapi memang sebaiknya anda melakukan hal ini pertama kali. Belajar bahasa asing itu bukanlah hal yang mudah lho, ada kalanya mudah dipahami ada kalanya juga yang sangat sulit untuk dipahami. Hal ini lah yang bisa membuat anda menyerah dan berhenti belajar bahasa jepang. Sejak awal kuatkan tujuan anda belajar bahasa jepang, yang nantinya bisa mendongkrak semangat anda ketika semangat sudah mulai kendor.
Selain itu, dalam keseharian pasti banyak hal yang bisa menurunkan semangat anda. Untuk itu kiat yang pertama ini sangatlah penting. Sepeti halnya saya sendiri yang sejak awal berniat dan bertekat ingin magang di jepang, alhasil sekarang sudah terlaksana. Ingatlah kata-kata "usaha tidak akan menghianati hasil".

2. Pahami Urutan Belajar Bahasa Jepang

Bahasa jepang tidak sama dengan bahasa indonesia. Dalam bahasa jepang anda harus mempelajari banyak hal, mulai dari menghafal huruf hiragana, katakana, kanji, partikel, dan masih banyak lainnya.
Dalam hal ini anda harus benar-benar paham urutannya dengan baik. Jangan sampai anda langsung menghafalkan huruf kanji sedangkan hiragana dan katakana saja belum menguasainya. Sama halnya anda mencoba belajar matematika sedangkan angka-angkanya anda tidak tahu. Dalam urutan-urutan dari mana sebaiknya anda memulai, akan saya sambung di kesempatan yang lainnya.

3. Gunakan Modul atau Buku yang Mudah Dipahami

Dalam proses belajar bahasa jepang, tentunya anda membutuhkan buku pegangan atau buku materi yang mudah dipahami. Diinternet pun anda bisa mengunduh ebook tentang bahasa jepang. Akan tetapi kebanyakan yang bisa anda download adalah menggunakan bahasa inggris dalam penjelasanya.
Bagi anda yang sebelumnya sudah mahir bahasa inggrisnya, tentu hal ini bukanlah suatu masalah.
tapi bagi anda yang tidak mengerti bahasa inggris sama sekali, anda tidak perlu khawatir. Sudah banyak sekali buku-buku materi pembelajaran bahasa jepang yang bisa anda dapatkan dengan mudah. Perlu di ingat, gunakan buku yang mudah dipahami. Dalam artian gunakan buku yang sesuai dengan level anda saat ini. Jangan sampai anda menggunakan buku anak kuliahan sedangkan anda sendiri baru akan mulai belajar bahasa jepang.

4. Rutin walau Sebentar

Inilah yang saya sendiri kurang bisa menerapkannya. Belajar bahasa lebih baik dilakukan secara rutin tetapi berkesinambungan. Sehari 20-30 menit saya rasa sudah cukup jika anda bisabelajar setiap harinya. Percuma anda belajar 10 jam sehari tetapi hanya sekali dalam seminggu.
Pelajarilah sedikit demi sedikit tetapi anda paham materinya. sebagai contoh dalam sekali belajar anda memahami 1 pola kalimat dan menghafal 10 kosakata. Dalam sebulan anda sudah memahami paling tidak 30 pola kalimat dan 300 kosakata. Dan anda pun tidak akan mudah lupa karena anda sudah memahaminya.

5. Sering Praktekkan Hasil Belajar

Mungkin ini yang sedikit susah untuk dilakukan. Apalagi anda belajar sendiri, tidak ada partner atau lawan untuk mempraktekan hasil belajar anda. Tetapi sekarang teknologi sudah maju, anda bisa berinteraksi dengan sesama pembelajar bahasa jepang di grup facebook atau yang lainnya. Selain itu anda bisa praktek ngobrol langsung dengan orang jepang melalui aplikasi video chat online yang banyak tersedia. Mungkin ada perasaan malu saat anda mencoba berbicara langsung. Saya pun sampai sekarang juga mengalaminya. Perasaan takut salah pun pasti muncul saat anda mencoba berbicara. Tapi jangan khawatir, lawan bicara anda pun akan memahaminya dan akan mengapresiasi usaha anda.

6. Buatlah Belajar itu Menyenangkan

Suatu hal yang dilakukan dengan terpaksa, pasti hasilnya tidak akan maksimal. Begitu juga belajar bahasa jepang. Buatlah belajar anda sebagai tantangan yang menyenangkan. Dengan memiliki kiat yang pertama yaitu niatan atau tujuan, anda tidak akan mudah berhenti belajar bahasa jepang. Misal anda memiliki tujuan agar bisa bekerja di jepang dengan kemauan anda sendiri. Pastinya anda akan senang pula dalam proses pembelajarannya.

7. Sering Mendengarkan Percakapan Bahasa Jepang

Poin yang terakhir ini adalah yang sangat berpengaruh dalam pendengaran anda. Sering menonton anime misalnya, anda akan terbiasa mendengarkan kosa kata dan pola kalimat baru. Dengan sering mendengarkan percakapan pula anda akan menjadi cepat memahami perkataan lawan bicara kita dengan hanya sekali ucap. Selain itu anda bisa membedakan situasi penggunan suatu kosa kata atau pola kalimat meskipun dalam bahasa indonesia memiliki arti yang sama. Misalnya kata "Sumimasen" dan "moushiwake arimasen deshita" dalam bahasa indonesia memiliki arti yang sama yaitu minta maaf. Akan tetapi dalam penggunaannya memiki makna dan situasi yang berdeda.

Seperti itu lah Tips cara cepat belajar bahasa jepang yang bisa saya bagikan. Sekali lagi saya tidak bermaksud menggurui atau merasa sudah pandai. Saya pun juga masih sangat saat kesulitan  mengerjakan soal JLPT N3 kemarin. Jika anda ingin membagikan saran, masukan atau tips tambahan lainnya, anda bisa menuliskannya dikolom komentar. Yang nanti akan saya tambahkan dalam artikel ini agar bisa bermanfaat untuk yang lainnya. Dan jangan lupa untuk mengikuti postingan selanjutnya.


Baca Juga Lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar