Skip to main content

follow us


Lagi mendengarkan musik atau nonton film di laptop, tahu-tahu ketiduran. Pernahkah anda melakukan hal seperti itu? Atau memang sengaja memutar lagu sebagai pengantar tidur? Kalau sekali atau dua kali sih tidak masalah. Tapi kalau terus-terusan ya kurang bagus.

Yang saya maksud kurang bagus di sini adalah bukan kurang bagus terhadap kesehatan diri anda. Tetapi terhadap kondisi laptop anda. Karena bila terlalu sering digunakan secara berlebihan, akan berpengaruh terhadap ketahanan hardware laptopnya. Terlebih pada baterainya. Apalagi kalau anda sering menggunakannya hingga baterai habis. Bisa-bisa seluruh komponen akan cepat rusak karena sering mati atau shutdown secara tidak normal.

Bagi anda yang sering melakukan hal seperti diatas, sebaiknya anda mempraktekkan tips yang akan saya bagikan ini. Yaitu tentang cara shutdown laptop secara otomatis. Berbeda dengan cara yang lain, cara shutdown otomatis yang akan saya tulis kali ini tidak memerlukan software apapun.
Dengan mengaktifkan timer otomatis ini, anda tidak perlu khawatir bila tertidur saat menggunakan laptop. Juga disisi lain bisa menghemat energi dan menjaga agar hardware laptop anda tetap awet. Langsung saja simak tutorialnya berikut ini,


Cara Shutdown Otomatis Pada Laptop


1. Masuk ke menu Run dengan cara tekan tombol Windows + R pada keyboard, atau juga bisa mencarinya langsung pada menu Program atau menu pencarian aplikasi. Lalu akan muncul jendela seperti ini.




2. Lalu masukan kode Command Prompt seperti ini shutdown -s -t 3600 kedalam program Run tersebut. Angka yang berwarna merah adalah waktu timer shutdown otomatis dalam satuan detik. Jika anda ingin set dalam 2 jam maka tuliskan dengan 7200, dan seterusnya.




3. Setelah itu tekan enter. Jika penulisan anda benar dan setting timernya bekerja, akan muncul pemberitahuan seperti ini






Lalu bagaimana jika kita ingin membatalkan timer shutdown tersebut? Caranya sangat mudah, anda tinggal masuk lagi ke menu Run seperti awal tadi, lalu masukan kode command prompt seperti ini shutdown -a . 




Saat membatalkan anda tidak perlu mengatur waktu seperti awal tadi. Cukup dengan menuliskan kode diatas lalu tekan enter. Kalau penulisan anda benar, akan muncul pemberitahuan bahwa timer shutdown telah dibatalkan seperti gambar berikut ini,





Seandainya saat membatalkan timer tidak berhasil, nantinya 10 menit sebelum laptop mati secara otomatis akan muncul pemberitahuan jelas di layar laptop anda. Demikian tutorial setting timer pada laptop yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga Lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar