Skip to main content

follow us


Menentukan nama domain blog, bukanlah perkara sepele. Bahkan bisa diibaratkan blog adalah anak anda, dan anda harus benar-benar memikirkan nama anak anda dengan matang-matang. Jangan sampai dikemudian hari menimbulkan hal yang tidak di inginkan.

Dalam dunia cyber, nama domain berfungsi sebagai casing atau kover dari sebuah internet protokol. Dimana hal tersebut bertujuan agar sebuah blog atau website menjadi mudah diingat. Bayangkan saja seandainnya alamat sebuah blog masih hanya berupa angka-angka protokol saja. Pastinya akan sangat ribet dan membingungkan.

Selain itu bagi pemilik blog atau website, Nama domain nantinya akan menjadi Icon atau identitas dan menjadi kredit pemiliknya. Maka dari itu, dalam proses pemilihannya pun harus benar-benar hati-hati. Dan untuk menentukan domain name ada beberapa hal yang harus anda perhatikan.  Antara lain,
  • Kalau tujuan anda membuat blog atau website untuk mempromosikan sebuah produk, sebaiknya dalam nama domain mengandung nama produk tersebut. Karena hal tersebut bisa memberikan dampak terhadap hasil pencarian google nantinya. Berbeda lagi jika blog yang akan anda buat memiliki niche gado-gado atau campuran. Terserah anda membuat nama domainnya seperti apa. Yang penting tidak keluar dari hal-hal yang harus diperhatikan lainnya.
  • Jika memungkinkan, pilihlah nama yang pendek saja antara 4 sampai 8 karakter saja. Tujuannya agar nama domain kita mudah diingat oleh pembaca. Dengan begitu jika pembaca ingin kembali ke website kita akan menjadi mudah. Walaupun memang biasanya semakin singkat nama domainnya , biasanya sudah dipakai oleh orang lain. Kalau terpaksanya menggunakan yang panjang, setidaknya pakailah yang kurang dari 14 karakter saja. Dan juga perlu di ingat, jangan membuat nama domain yang berupa frasa panjang. Misalnya anda ingin mempromosikan pembersih toilet home industri. Jangan sekali-kali menggunakan nama domain seperti ini pembersihtoilethomeindustrimurah.com. Karena selain terlalu panjang, juga konon katanya yang seperti ini juga di benci oleh google.

  • Selain memilih nama domain yang pendek atau singkat, sebaiknya juga yang mudah dibaca. Sebagai contoh, domain yang sudah sering anda dengar detik.com . Selain pendek, juga mudah dibaca dan diingat. Bandingkan dengan rythm.com yang tidak memiliki huruf vokal, pasti akan sulit untuk dibaca dan diingat.

  • Sebisa mungkin tidak usah menggunakan tanda baca seperti strip (-) atau (_). Dan juga sebisa mungkin jangan menggunakan angka. Karena hal tersebut akan membuat namadomain anda terlihat kaku. Selain itu penggunaan angka bisa menimbulkan kebingungan. Misalnya anda akan menggunakan nama blog96.com . Mungkin saja nantinya pengunjung yang ingin berkunjung kembali ke blog anda malah menulisnya dengan blogsembilanenam.com. Tentunya hal tersebut tidak anda inginkan bukan.
  • Kalau seandainya anda ingin menggunakan TLD sekalian, sebaiknya anda memilih domain yang ramah terhadap seo saja. Saya sarankan anda menggunakan yang umum dipakai oleh orang lain seperti .com .net .org .id .co.id .info atau .biz saja. sebisa mungkin jangan menggunakan domain seperti .xyz .online meskipun domain tersebut dibandrol dengan harga yang jauh lebih murah dibanding yang lain. Saran saya kalau anda ingin membeli domain dengan diskon menarik , beli domain murah disini


Seperti yang saya ungkapkan di awal tadi, bahwa memilih nama domain bukanlah hal yang sepele. karena itu berpengaruh dengan kredibilitas anda kedepannya. Namun bagaimana kalau nama-nama yang kita inginkan sudah dimiliki oleh orang lain atau sudah tidak tersedia? Alternatif lain yang bisa anda ambil adalah dengan menggunakan Expired domain. 

Expired Domain

Apa itu expired domain? Expired domain adalah domain yang sebelumnya sudah pernah ada atau dipakai sebelumnya, tetapi tidak atau lupa diperpanjang oleh pemiliknya. 
Ada beberapa keuntungan jika anda dapat jeli dalam memilih expired domain. Antara lain,
  1. Sudah memiliki Backlink yang nantinya akan membantu dalam optimasi seo offpage blog anda.
  2. Memiliki Domain Authority atau Page Authority yang bagus.
  3. Menjadi lebih mudah bersaing di SERP atau hasil pencarian google.



Namun dibalik kelebihan-kelebihan itu, pastinya juga terdapat kekurangan yang melekat pada expired domain. Antara lain,
  1. Karena sudah expired, biasanya domain jenis ini akan dijual dengan cara dilelang, yang biasanya harganya pun akan lebih mahal jika dibandingkan dengan domain baru. Apalagi untuk domain yang jelas sebelumnya sudah memiliki nama dimata google. Salah satu situs yang menyediakan layanan lelang expired domain adalah godaddy.com dan masih ada situs lainnya.
  2. Jika anda salah dalam memilih, bisa bisa anda mendapatkan domain yang sebelumnya sudah memiliki citra buruk dimata google. Semisal domain sudah terkena penalti dari google, maka akan sulit untuk bisa mencapai pageone atau halaman satu hasil pencarian. Atau yang lebih parahnya blog anda tidakakan di indeks sama sekali.
  3. Karena bukan domain baru, anda tidak bisa membuat nama domain seperti yang anda inginkan sebelumnya. Anda hanya bisa memilih paling tidak yang mirip dengan nama yang anda inginkan.



Untuk menghindari hal-hal buruk seperti diatas, Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam memilih expired domain.
  • Pastikan bahwa domain yang akan anda beli terindeks oleh google. Caranya sangat mudah, tuliskan pada pencarian google dengan" site:namadomain.com " tanpa tanda petik. Bila domain tersebut masih atau bisa diindeks, maka dalam hasil pencarian akan muncul halaman-halaman yang sebelumnya terindeks.
  • Pilihlah domain yang sudah memiliki backlink. Karena kalau belum ada backlink sama sekali itu sama saja dengan membeli domain baru. Kalaupun sudah memiliki backlink, sebaiknya pilihlah domain yang memiliki backlink bukan backlink spam. Anda bisa mengetahui backlink dari sebuah domain melalui banyak tools yang tersedia secara gratis maupun berbayar.
  • Tambahan lagi tips dari para sesepuh blogger, sebisa mungkin jangan memilih domain yang sudah 2x pindah tangan. Untuk bisa mengetahui hal tersebut, anda bisa mengeceknya dengan layanan whois.com secara gratis.

Demikian tips memilih nama domain yang baik yang bisa saya sampaikan. Sekali lagi pikirkan baik-baik nama domain anda daripada anda menyesal nantinya. selamat mencoba dan semoga anda menemukan nama domain terbaik anda.



Baca Juga Lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar