Skip to main content

follow us


Setelah lama tidak update artikel di blog kecil saya ini, kali ini saya akan memulai update lagi dengan tema yang sebelumnya belum pernah saya buat. Yaitu tentang belajar bahasa jepang dari dasar. Memang saya sendiri bukan seorang guru atau ahli dalam bahasa jepang, tapi mungkin pengalaman mempelajari bahasa jepang yang saya miliki bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Disini saya tidak memposisikan menggurui tetapi hanya sekedar share pengalaman saja. Jadi kalau ada kesalahan bisa dikoreksi nantinya.


Berkaitan dengan belajar bahasa asing, tentunya ada banyak sekali hal-hal yang baru yang akan kita pelajari. Begitu pun dengan bahasa Jepang. Sebelum kita masuk lebih dalam ke materi, hal yang pertama yang harus kita pelajari adalah huruf dasar dalam bahasa Jepang. Dalam bahasa jepang terdapat 3 jenis huruf yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Yaitu huruf hiragana, huruf katakana, dan Kanji. Akan tetapi untuk belajar dari dasar, hanya ditekankan pada huruf hiragana dan katakana saja. Untuk huruf kanji bisa dipelajari sedikit demi sedikit kedepannya.

Pada kesempatan kali ini saya hanya akan membahas huruf hiragana saja. Huruf dasar hiragana terdiri dari 46 huruf utama. Dan nantinya akan ada tambahan huruf yang terdiri dari gabungan 2 huruf dasar. Untuk daftar 46 huruf dasarnya adalah sebagai berikut ini.





Cara mudah menghafal huruf hiragana adalah dengan menghafal berdasarkan urutannya saja seperti pada gambar di atas. Yaitu dari daftar baris paling atas menuju kebawah. Misalnya, anda menghafal huruf a, i, u, e, o . lalu bila merasa sudah cukup hafal, anda bisa mengacaknya antara 5 huruf tersebut. Bila dirasa sudah hafal, bisa ditambah lagi deret huruf di bawahnya. Kalau sudah hafal 5 huruf lagi, anda bisa mengacak dari 10 huruf yang tadi sudah dihafal. Dan seterusnya sampai hafal semuannya. Cara ini juga berlaku pada huruf katakana yang akan saya bahas di kesempatan yang akan datang.

Untuk langkah atau cara penulisan huruf hiragana yang benar, akan saya bahas satu per satu di kesempatan yang akan datang. Jadi jangan sampai ketinggalan update selanjutnya ya.

Baca Juga Lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar