Skip to main content

follow us

Musim liburan sudah tiba nih, pasti sudah pada punya planning liburankan? Pas banget nih, karena kali ini saya akan sedikit berbagi tentang tips liburan murah di jepang. Banyak sekali tips yang bisa anda coba agar biaya untuk liburan tidak terlalu besar. Salah satunya adalah dengan menggunakan tiket kereta Seishun Juhachi Kippu. Bagi para Jisshusei yang sudah lama pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama ini.



Apa itu Seishun Juhachi Kippu?

Seishun Juhachi Kippu adalah tiket musiman yang disediakan oleh perusahaan Japan Railways yang bisa digunakan selama 5 hari sepuasnya. Akan tetapi untuk penggunaan keratanya hanya dibatasi pada Futsuu Densha dan Rapid saja. Dengan kata lain tidak bisa digunakan pada shinkanshen dan kereta super ekspres. Harga tiketnya pun terbilang murah, yaitu 11850 yen atau setara 2370 yen per hari.

Biasanya tiket ini hanya dijual pada musim liburan jepang yaitu musim semi, musim panas dan musim dingin saja.

Berikut detail penjualan dan masa berlakunya.
Musim semi : Dijual pada 20 Februari - 31 Maret dan bisa digunakan pada 1 Maret - 10 April.
Musim panas : Dijual pada 1 Juli - 31 Agustus dan bisa dipakai pada 20 Juli - 10 September
Musim dingin : Dijual pada  1 Desember - 31 Desember dan bisa digunakan pada 10 Desember - 10 Januari.

Cara penggunaannya bagai mana? 

Seperti yang saya sebutkan di atas, tiket ini bisa dipakai selama 5 hari jika dipakai oleh 1 orang. Atau bisa dipakai 5 orang sekaligus, tetapi akan langsung habis terpakai. Mungkin gampangnya 1 lembar tiket mempunyai 5 nyawa :v . Dan waktu penggunaan tidak harus 5 hari berturut-turut.Yang penting masih dalam masa berlakunya. Tapi perlu diingat, kartu yang di beli di musim ini harus digunakan di musim yang sama pula.

Tiket ini adalah tiket manual, jadi anda tidak bisa menggunakanya di pintu gerbang otomatis. Anda harus menunjukan ke petugas stasiun secara langsung. Dan jika anda menggunakannya dengan kelompok, anda harus masuk dan keluar stasiun dengan kelompok anda tersebut.

Tiket berlaku sehari penuh untuk satu penggunaan dari jam 00.00-24.00 . Semisal anda berada dalam kereta saat pergantian hari maka tiket hanya berlaku sampai stasiun pertama setelah lewal jam 24.00 tadi. Misal jam 24.00 anda sedang berada antara stasiun A dan B sedangkan tujuan anda adalah stasiun D, maka anda harus turun di stasiun B dan meminta stempel tanggal pada petugas jika tiket masih berlaku. Kalau tiket sudah habis atau tidak berlaku, berarti anda harus menggunakan tiket biasa untuk melanjutkan perjalanan anda.

Cara Mendapatkan Seishun Juhachi Kippu

Untuk mendapatkan tiket ini anda harus pergi ke kantor penjualan tiket di stasiun besar di seluruh Jepang. Anda tidak bisa membelinya di mesin penjualan otomatis. Kounter atau kantor penjualan biasanya berwarna hijau dan bertuliskan "midori no madoguchi" dengan huruf jepang.
Biasanya saat anda ngomong ingin beli juhachi kippu, petugas langsung menuliskan harga di kalkulator tanpa tanya  panjang lebar.



Sekian artikel kali ini, semoga bisa membantu dan liburan banda menyenangkan..


Baca Juga Lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar