Skip to main content

Cara Mudah Merubah Warna Link Pada Blog


Mengutak-atik html blog bagi sebagian orang adalah suatu hal yang mudah dilakukan. Apalagi bagi mereka yang dari awal sudah mahir dalam dunia coding. Tapi bagaimana dengan anda? Kalau anda menemukan artikel ini dari searching di google, saya yakin anda juga belum mahir atau sedang belajar dalam coding html.

Tujuan merubah warna link adalah untuk mempercantik tampilan blog atau juga untuk menekankan suatu kata atau frasa bahwa itu adalah link, bukan kalimat biasa. Cara menggantinya pun cukup mudah. Anda tinggal mencari tag kode warna link pada html blog. Mungkin bagi kita hal tersebut juga sangat sulit. Karena dalam html blog, sangat banyak sekali kolom dan baris html.

Cara mudahnya, anda bisa mencoba mengikuti panduan yang akan saya tulis ini. Saya ingatkan biasakan mengunduh cadangan html template anda terlebih dahulu sebelum mulai mengutak-atik html blog anda. Langsung saja tanpa panjang lebar,

Cara Mengganti Warna Link Pada Postingan Blog


1. Pertama login ke akun blogger anda, lalu pilih menu Template atau Tema >> pilih Edit html.
2. Lalu carilah tag yang mengatur warna link , biasanya berbentuk a:link seperti ini

a:link{color:#0000cd;text-decoration:none}
a:visited{color:#0000fa;text-decoration:none}
a:hover{color:#333;text-decoration:none}

Keterangan dari kode diatas:
  • Untuk yang diberi warna hijau, adalah nilai yang bisa diganti untuk mengganti warna linknya. Anda bisa mengganti sesuai keinginan anda dengan menggantinya dengan kode warna yang lain. Untuk list kode warna html anda bisa melihatnya disini. Bisa menggunakan kode warna html 3 digit atau pun 6 digit.
  • a:link  adalah warna link. 
  • a:visited  adalah warna link yang sudah pernah dikunjungi.
  • a:hover  adalah warna link saat kursor menunjuknya.

Namun untuk beberapa kasus, tag yang mengatur warna link tidak selalu berbentuk seperti diatas. Seperti halnya pada template AMP yang saya pakai, memiliki bentuk yang sedikit berbeda. Ada kalanya ditulis seperti ini,

.post-body a{font-weight:500;color:#0000cd;display:inline-block}
.post-body a:hover{color:#777}

Cara merubahnya pun sama saja. Anda tinggal mengganti kode warna yang berwarna hijau tersebut. Setelah itu jangan lupa untuk menggunakan tombol pratinjau terlebih dahulu untuk mengetahui hasilnya. Jangan sampai anda malah salah mengganti kode warna dan yang terjadi malah warna bagian lain yang berubah warna.

Sekian tutorial mengganti warna link pada blog dari saya. Jika ternyata tag yang mengatur warna link berbeda dari dua contoh di atas, sebaiknya anda meminta seseorang langsung untuk meninjau html blog anda. Jangan sampai anda nekat utak-atik sendiri yang nantinya malah berakibat fatal.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar