Skip to main content

follow us


Mungkin anda sedang ingin membuat sebuah blog. Sehingga anda meluangkan waktu untuk membaca postingan tak bertema saya kali ini. Atau anda hanya kebetulan melihat postingan ini dan penasaran dengan isi postingannya.
Anda termasuk yang pertama atau yang kedua tidak masalah. Tidak ada salahnya anda membaca postingan saya ini sampai selesai.

Mungkin bagi sebagian orang awam, tidak mengerti apa itu blog, dan juga apa manfaat ngeblog.
Untuk anda yang membaca postingan ini karena penasaran dengan judulnya, saya yakin dalam diri anda ada keinginan untuk membuat blog.

Ntah bertujuan untuk memasarkan produk atau usaha anda, atau untuk mencoba mencari receh dari adsense, atau hanya sekedar hobi menulis saja.


Kalau anda bertujuan hanya sekedar hobi saja, saya rasa ngeblog bukanlah hal yang menyusahkan. Tapi lain halnya jika anda bertujuan untuk mendapatkan penghasilan baik dengan memasarkan produk anda ataupun mengandalkan google adsense, saya sarankan anda untuk berpikir 2 kali tentang rencana blog anda.

Perlu anda ketahui, Ngeblog tidaklah seindah dan semudah yang anda bayangkan. Mungkin anda tertarik untuk mendapatkan penghasilan dari blog, karena melihat orang lain yang sudah duluan sukses blognya.

Memang kalau hanya melihat luarnya sepertinya terlihat sangat enak. Tanpa kerja tanpa keluar rumah, mereka dengan mudah meraup rupiah dengan mudahnya.
Kalau selama ini anda berfikir seperti itu, anda salah besar. Sebelum mencapai itu semua banyak sekali hal-hal yang mereka lalui.

Apalagi bagi mereka yang memulainya benar-benar dari nol. Mungkin bagi yang sudah berlatar pendidikan yang ada kaitanya dengan TIK bukanlah masalah yang besar untuk memulainya. Tapi bagi mereka yang memulai dari nol seperti saya sendiri ini, untuk konsisten dalam blog adalah suatu hal yang tidak mudah.


Ngeblog Lama Nggak Dapet Apa-apa ?

Sekedar sharing saja, saya sudah mulai membuat blog sejak saya kelas 3 SMK. Atau kira-kira mulai tahun 2012 saya mengenal blog. Kalau dihitung sampai sekarang awal 2019, sudah sekitar 6 tahun lebih.

6 tahun, pastinya bukanlah waktu yang singkat. Anda mungkin beranggapan bahwa saya saat ini sudah tinggal menikmati hasil usaha selama 6 tahun tersebut. Saya pun sebenarnya juga ingin seperti itu. Tapi nyatanya sampai sekarang saya belum mendapatkan apa-apa dari blog saya.

Mungkin anda bertanya, kenapa selama 6 tahun saya belum bisa mendapatkan apa-apa dari blog?
Sebenarnya dalam 6 tahun tersebut, saya hanya intens mengurus blog kurang lebih 2 tahun saja. Itupun tidak 2 tahun berturut turut. Hanya ketika ada semangat saja.

Itulah yang saya sesalkan saat ini. Seandainya saya dari awal hingga sekarang selalu konsisten mengurus blognya, bukan tidak mungkin sekarang saya sudah seperti blogger sukses lainnya.
Padahal saat itu pun saya sudah diterima oleh Google adsense. Tapi seperti yang saya bilang di awal, membuat blog memanglah mudah. Tapi mengurusnya yang susah.

Sebenarnya tantangan terbesar dalam ngeblog bukan dari cara mengurus blognya. Tetapi datang dari diri kita sendiri. Satu kata yang sekarang ingin saya tanamkan dalam diri saya sendiri dan yang ingin saya bagi pada anda yang ingin memulai ngeblog.

Yaitu Konsisten.!

Yap, konsisten. Konsisten disini bisa dalam berbagai bidang. Kalau dalam kaitannya dalam blog bisa konsisten mengupdate postingan atau konten, konsisten membangun optimasi offpage, dan juga konsisten dalam mencari referensi tulisan anda.


Konsisten Update Konten

Bagi sebagian orang yang memang dari awalnya suka menulis atau membuat tulisan, pastinya tidaklah sulit untuk membuat beberapa konten sekalipun. Tapi bagi orang yang sebelumnya belum pernah menulis, dan biasanya hanya mengutip dari sumber lain saja, menulis satu artikel yang murni hasil pemikirannya sendiri pasti sangatlah sulit dan juga membosankan.

Akan tetapi dibalik kesulitan dalam membuat konten tersebut, bisa menimbulkan rasa puas pada diri anda. Puas bisa menciptakan hasil karya sendiri, meskipun belum sebaik dengan konten terkenal lainnya, tapi setidaknya dalam konten tersebut memiliki ciri khas anda sendiri.

Konsisten Dalam Optimasi Offpage

Selanjutnya yang harus anda lakukan secara berkesinambungan adalah optimasi offpage. Kalau sebelumnya kita sudah rutin update konten, itu adalah salah satu dari optimasi onpage.

Optimasi offpage sendiri bisa dilakukan dengan banyak hal, diantaranya: membangun backlink yang berkualitas dan mempromosikan konten ke sosial media. Sebenarnya membuat backlink adalah hal yang mudah. Yang membuatnya menjadi sulit adalah membangun backlink yang berkualitas.

Kalau hanya sekedar menanam link dengan cara spam dikomentar blog, dalam sehari untuk mendapatkan puluhan bahkan ratusan backlink pun bisa. Tetapi pada akhirnya hal itu akan berdampak buruk kedepannya. Yang terparah bisa-bisa blog anda mendapat penalti dari google dan mendapat deindex pada semua konten blog anda.

Dari beberapa sumber yang pernah saya dapat, untuk membuat atau membangun backlink tidak harus banyak dalam sekali proses. Lebih baik satu saja tetapi berkualitas dan secara berkala. Google sendiri juga sering menekankan, bahwa yang paling penting adalah buatlah konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca.


Konsisten Mencari Referensi

Membuat satu konten yang baik dan berkualitas, bukanlah perkara yang mudah. Apalagi menulis konten yang kita sendiri belum mendalami topik yang akan dibuat. Perlu banyak sekali waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan referensi pas untuk konten kita. Karena semakin banyak referensi yang di miliki, maka semakin baik pula konten yang di buat.

Konten yang baik, akan menyediakan semua informasi yang di butuhkan oleh pembaca. Sehingga secara tidak langsung akan menimbulkan opini bagi pembaca, bahwa konten yang terdapat di blog kita memiliki kualitas yang sama baiknya, sehingga membuat pembaca tertarik untuk melihat konten yang lainnya.



Baca Juga Lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar