Skip to main content

Apa Itu Surel atau Alamat Surel dan Bagaimana Cara Membuatnya ?


Di era modern seperti sekarang ini, masih banyak masyarakat atau orang yang belum mengetahui istilah-istilah di dunia maya. Bagi orang yang sering berkecimpung dalam dunia internet pastinya istilah-istilah tersebut sudah tidak asing lagi.

Salah satu istilah yang sering ditemui didunia internet atau website adalah istilah "surel" atau "alamat surel". Mungkin anda kerap menemukan istilah ini ketika mengisi formulir di sebuah website atau forum.

Surel atau Alamat surel sendiri adalah singkatan dari Surat Elektronik. Alamat Surel (surat elektronik) adalah mengidentifikasi sebagai alamat atau lokasi untuk mengirim surat. Atau bisa diibaratkan adalah alamat anda di dunia nyata bila anda menerima suatu kiriman surat atau sebagainya. Alamat surel juga sering disebut dengan istilah Email. Dengan memiliki email atau alamat surel akan memudahkan anda dalam urusan yang berkaitan dengan dunia maya atau internet.


Meskipun tidak semua urusan internet mengharuskan anda memiliki sebuah surelatau email, ada baiknya anda membuatnya dari sekarang. Lalu bagaimana cara membuat surel atau email?

Ada banyak sekali layanan yang bisa anda gunakan untuk membuat akun email secara gratis. Misalnya saja Gmail (milik Google) dan yahoo mail. Namun dalam kesempatan kali ini saya hanya akan menuliskan cara membuat alamat surel di Gmail saja. Karena selain mudah, juga kedepannya akan lebih berguna saat ingin menggunakan layanan google lainnya. Dan juga space atau ruang yang disediakan sangat besar yaitu mencapai 15Gb.


Cara Membuat Surel ata Email


1. Buka Gmail dengan alamat gmail.com atau mengetik "gmail" di google search. Bila sudah masuk, akan ada tombol atau menu "Buat Akun" di pojok kanan atas.


2. Isilah formulir dengan mengisikan data diri anda. Kemudian masukkan nama pengguna yang anda inginkan. Anda bebas menentukan nama pengguna selama nama pengguna tersebut masih tersedi atau belum dipakai orang lain. Nama pengguna ini yang nantinya akan menjadi alamat email anda,, misalnya namaanda906@gmail.com . Sebaiknya pilihlah nama yang mudah anda ingat.

Kemudian masukkan password dan konfirmasi password anda. Sebaiknya gunakan password yang mudah anda ingat tetapi sulit ditebak oleh orang lain.


3. Selanjutnya klik tombol "berikutnya" di bagian bawah. Dihalaman selanjutnya isikan nomer hp dan email pemulihan anda (untuk 2 poin ini tidak wajib), tanggal lahir dan jenis kelamin. Kemudian klik tombol berikutnya. Akan muncul kebijakan dan persyaratan dari google. bila sudah membacanya dan setuju, klik tombol setuju dibagian bawah, dan Email atau Surel anda sudah jadi dan siap digunakan. Saat akan login atau masuk ke gmail.com, gunakan nama pengguna dan password yang anda buat tadi.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar