Skip to main content

Buku Belajar Bahasa Jepang Pemula, Rekomendasi Untuk Para Otodidak

Belajar bahasa asing merupakan suatu yang menurut banyak orang merupakan hal yang sulit. Apalagi bagi anda yang mencoba mempelajarinya secara Otodidak atau mandiri. Pastinya akan terasa berbeda jika dibandingkan dengan belajar didampingi oleh seorang mentor atau guru.

Sama halnya dengan belajar bahasa Jepang. Apalagi dalam belajar bahasa jepang, ibarat kita memulai sesuatu dari nol. Karena huruf yang dipakaipun berbeda. Lain halnya dengan bahasa Inggris. Yang sedari kecil setidaknya kita sudah bisa membaca huruf alfabet.

Disisi lain pun, bahasa Jepang juga memakai struktur kalimat yang berbeda dengan bahasa yang lain. Hal itu lah yang akan sedikit lebih menuntut logika kita saat belajar. Sedikit menyentuh kedalam materi, sebagai bocoran saja. Dalam bahasa Jepang memakai pola dasar kalimat "SKOP" sedangkan bahasa kita memakai pola dasar "SPOK".


Sampai sini sudah mulai bingung? Tenang saja belajar bahsa jepang tidak semenakutkan itu kok. Asal anda belajar dengan rasa senang, bukan terpaksa. Selain itu jika anda belajar dengan urutan dan metode yang benar, serta dengan Buku materi yang tepat , semua akan terasa mudah.

Lalu buku seperti apa yang tepat untuk belajar bahasa jepang bagi pemula? Yang pasti yang pertama buku harus berbahasa indonesia. Selain itu juga penjelasan harus secara terperinci. Tidak hanya mengejar banyaknya materi saja, tetapi juga menekankan pada pemahaman.

Seperti rekomendasi buku materi belajar bahasa jepang untuk pemula yang akan saya tulis kali ini, Saya akan berbagi buku apa saja yang banyak dipakai oleh teman-teman kita diluar sana untuk belajar bahasa jepang. Dengan memakai buku-buku berikut ini semoga belajar bahasa jepang anda menjadi lebih mudah dan menyenangkan.



Rekomendasi Buku Belajar Bahasa Jepang Terbaik


Minna No Nihongo 


Buku materi Minna no Nihongo adalah salah satu buku yang paling banyak dipakai dalam pembelajaran dasar bahasa jepang. Bahkan buku ini juga sering dipakai oleh LPK pelatihan bahasa jepang untuk mengajar siswa-siswanya. Kelebihan dari buku ini adalah urutan penyampaian materi yang runtut dan mendetail.

Buku minna no nihongo sendiri ada banyak versi. Untuk belajar dasar, sebaiknya anda menggunakan Minna no Nihongo Shokyu I dan kalau sudah faham bisa melanjutkan ke Minna no Nihongo Shokyu II. Terdapat 25 bab dalam minna no nihongo shokyu I dan 25 bab di shokyu II.

Bila anda berniat menggunakan buku ini, harap cermat saat membeli. Karena terdapat 2 versi yang dijual. Yaitu versi buku materi (terdapat penjelasan bahasa indonesia) dan versi buku latihan (hanya berisi soal dengan huruf jepang). Jadi kalau anda belajar otodidak, saya sarankan untuk membeli keduanya.


Gakushudo


Buku materi rekomendasi selanjutnya adalah Gakushudo. Gakushudo adalah buku materi pembelajaran yang di terbitkan oleh penerbit lokal. Berbeda dengan minna no nihongo yang dibuat oleh orang jepang.

Kelebihan buku Gakushudo adalah penjelasan materi yang sangat rinci dan terdapat soal latihan dalam satu buku alias 2 in 1. Selain itu materi yang disajikan pun berdasarkan level bahasa jepang. Mulai dari N5, N4, N3, N2, dan N1. Jika anda belajar secara Otodidak saya sarankan untuk membeli dari N5 dulu, baru nanti lanjut ke level berikutnya. Selain buku materi, gakushudo juga menerbitkan buku pocket kanji yang praktis untuk dibawa kemana-mana.


Nihongo Sou Matome


Rekomendasi buku selanjutnya adalah buku terbitan luar negeri. Yaitu Nihongo Sou Matome. Berbeda dengan 2 buku yang saya tulis diatas, penjelasan yang ditulis dalam buku ini tidak menggunakan bahasa Indonesia. Melainkan dengan bahasa Inggris, Korea, Brazil, Vietnam. Kelebihan buku Nihongo Sou Matome dibandingkan 2 buku diatas adalah penjelasannya yang mudah dipahami dan sangat jelas. Mungkin untuk level dasar belum bisa merasakan perbedaan ini, tapi jika nantinya anda sudah mulai masuk ke level menengah saya sarankan anda untuk memakai buku ini. Tentu saja jika anda sudah mengerti bahasa Inggris.

Dalam bahasa Jepang, ada banyak sekali pola kalimat atau kata yang memiliki arti yang sama dalam bahasa Indonesia tetapi memiliki makna dan maksud yang berbeda. Disinilah letak kelebihan buku Nihongo sou Matome. Akan dijelaskan secara terperinci perbedaan pola kalimat tersebut.

Sama seperti gakushudo, Nihongo sou matome juga terdapat buku kanji, kosa kata, dan pola kalimat. Dalam buku kanji nihongo sou matome, dilengkapi dengan cara menghafal kanji menggunakan gambar dan filosofi.

Buku Nihongo sou Matome jarang dijual di Indonesia, tapi anda masih bisa memilikinya dengan membeli di amazon internasional maupun amazon japan. Jika anda belum cara belanja di amazon, anda bisa membacanya di link yang saya cantumkan di atas.


Itulah Buku rekomendasi belajar bahasa Jepang untuk pemula. Belajar bahasa jepang akan terasa mudah bila anda serius dan melakukannya dengan rasa senang. Selain itu jika anda orang yang belajar secara otodidak, saya sarankan anda untuk mencari teman belajar bersama. Entah itu teman satu daerah atau teman di dunia maya. Hal tersebut akan mempermudah proses belajar anda. Semoga bermanfaat dan sukses selalu...



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar