Skip to main content

Cara Membuat CV dan Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email di Hp Dengan Mudah


Sudah lama pegang Hp canggih, tapi belum tahu bagaimana cara membuat lamaran kerja atau CV lewat hp? Itu hal biasa, karena pemikiran kebanyakan orang masih menganggap fungsi hp hanya sebagai alat komunikasi saja. Pada hal kalau kita bisa memanfaatkan teknologi canggih satu ini, Banyak sekali urusan yang bisa terselesaikan dengan cepat dan mudah.


Misalnya seperti yang akan saya tulis kali ini. Yaitu tentang Cara buat lamaran kerja lewat hp android. Mungkin bagi sebagian orang berfikir bahwa membuat lamaran kerja ketik itu hanya bisa dilakukan dengan komputer atau laptop saja. Bila anda sendiri juga berfikir demikian, berarti anda telah menyianyiakan hp yang anda miliki.


Ada banyak sekali aplikasi hp android yang memiliki fungsi mirip dengan Ms Office pada komputer. Hanya saja mungkin fiturnya tidak selengkap dibanding dengan yang versi desktop. Tapi semua itu tidak akan jadi masalah karena untuk membuat atau menulis CV lamaran kerja di hp android tidak membutuhkan fitur yang ribet. Salah satu Aplikasi untuk membuat lamaran kerja yang bisa anda pakai adalah Ms word (aplikasi android).



Sama seperti versi komputernya, aplikasi ini memberikan kemudahan pada anda untuk membuat dokumen baru atau mengedit dokumen yang sudah jadi. Untuk membuat CV atau lamaran kerja pastinya juga sangat mudah. Hanya saja yang sedikit yang melelahkan yaitu papan ketik yang kecil. Tapi tidak masalah jika anda sudah sering chattingan dengan pacar anda layaknya menulis cerpen.
Baiklah langsung saja kita menuju ke topik kita kali ini.




Cara Buat Lamaran Kerja atau CV dengan Hp Android


Pertama-tama yang anda harus lakukan adalah menginstal aplikasi Ms Word terlebih dahulu di play store atau App store jika menggunakan iPhone.



Jika sudah terinstal, buka aplikasinya dan anda akan diminta memasukan akun anda. Jika sebelumnya anda sudah memiliki akun microsoft, anda bisa langsung login. Bagi anda yang belum punya, bisa mendaftar terlebih dahulu. Anda bisa saja melewati langkah login ini dan masuk ke dalam aplikasi, tapi anda tidak akan bisa membuat CV anda.

Jika sudah login, sekarang anda sudah bisa membuat CV lamaran kerja anda. Caranya sama saja dengan di laptop atau komputer. Kelebihannya anda bisa memilih layout seperti apa yang anda inginkan. Anda bisa memilih "Dokumen kosong" untuk membuat CV dari awal, atau bisa juga memilih Layout yang sudah jadi dan tinggal mengedit isinya saja. Buatlah CV atau lamaran semenarik mungkin. Anda bisa mencari referensi model-model CV di google.


Contoh layout yang sudah jadi,




Untuk toolbar editing nya berada diatas keybord anda, ada fitur standar seperti memilih font, ukuran font, warna font, pemilihan rata kanan kiri, dan masih banyak lagi lainnya.




Jika sudah selesai, anda bisa menyimpan file tersebut lewat gambar titik tiga di pojok kanan atas. Lalu pilih menu simpan, dan pilihlah lokasi dimana anda ingin menyimpannya. Mungkin ada sedikit perbedaan tampilannya tergantung versi yang anda pakai.




Nah sekarang file CV anda telah selesai dibuat dan siap untuk dikirimkan ke Perusahaan yang ingin anda lamar. Ada dua pilihan file yang bisa nada Lampirkan untuk dikirimkan saat melamar pekerjaan. Pertama dalam bentuk file .docs (Ms word) atau .pdf (file pdf). Umumnya para pencari kerja akan memilih format pdf, karena file tersebut tidak mudah utuk diubah-ubah saat file tersebut dibuka.


Untuk Cara merubah file ms word menjadi file pdf, anda bisa menggunakan layanan pdf konverter yang banyak tersedia secara gratis di internet. Anda tinggal ketik "pdf konferter" di pencarian google dan akan muncul banyak sekali pilihan layanan.


Langkah-langkahnya secara garis besar sama saja. Anda akan diminta memasukkan atau mengunggah file yang ingin anda rubah, lalu tekan tombol "Convert" atau "mulai". Biasanya anda akan diminta memilih kualitas hasil konfersi pdf. Semakin baik kualitas, semakin besar pula ukuran yang dihasilkan. Usahakan tidak mengirimkan file dengan ukuran lebih dari 500kb saat mengirim lamaran via Email.


Jika proses konversi sudah selesai anda tinggal mendownload atau mengunduh file pdf tersebut. Itulah file yang nantinya akan kita gunakan sebagai lampiran saat melamar kerja.



Cara Mengirim Lamaran Kerja atau CV Lewat Email Gmail di Hp


Setelah sebelumnya sudah menyiapkan file CV nya, sekarang saatnya eksekusi mengirim email ke perusahaan yang anda inginkan. Caranya adalah sebagai berikut.

Pertama buka aplikasi Gmail di Hp anda. Lalu buatlah pesan baru dengan cara klik tombol "plus" (+) di pojok kanan bawah.




Masukkan alamat email yang anda tuju. Jika anda hanya mengirim ke satu email perusahaan, gunakan kolom "kepada". Jika anda berniat mengirimkan ke lebih dari satu perusahaan, gunakan kolom "bcc". Harap untuk berhati-hati saat menuliskan alamat tujuan email lamaran anda. Karena bila sampai mengirimkan kebanyak perusahaan dan anda menggunakan kolom "kepada", perusahaan penerima akan mengetahui bahwa anda juga melamar ke perusahaan lain.




Kemudian masukkan Judulatau subjek email anda. Misalnya, Lamaran pekerjaan operator produksi, atau sebagainya. Dan jangan lupa mengisi isi email lamaran kerja anda. Ingat ! Yang kita buat sebelumnya adalah CV lampiran, bukan Lamaran kerjanya. Jadi pastikan anda mengisinya dengan benar dan jangan sampai kosong. Jangan berharap email anda akan dibuka oleh HRD jika anda hanya memberi lampiran saja tanpa menuliskan kata-kata pada pesan email anda.




Periksa lagi semua isi surat lamaran kerja anda sebelum mengirimnya, jangan sampai terjadi kesalahan antara isi lamaran dengan alamat email tujuan. Misalnya anda bermaksud mengirim ke perusahaan A, tapi dalam email anda tertulis nama perusahaan B. Itu adalah kesalahan yang sering terjadi bila kita mengirimkannya ke lebih dari satu perusahaan.


Begitulah cara membuat surat lamaran kerja lewat hp, dan mengirimnya lewat hp juga. Di era teknologi maju seperti sekarang ini, kita harus pandai-pandai memanfaatkannya. Semoga bermanfaat.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar