Skip to main content

Tips Aman Membeli Barang Elektronik Di Jepang


Jepang adalah salah satu dari beberapa negara maju di dunia. Selain perkembangan teknologi yang sangat pesat, kultur budayanya pun juga menjadi daya tarik tersendiri. Tak ayal jika banyak wisatawan manca negara yang ingin berkunjung ke negeri sakura ini.

Berbicara soal berwisata ke Jepang, kurang sempurna rasanya kalau tidak membeli barang-barang elektronik disana. Banyak sekali teknologi elektronik yang susah di temukan di negara kita. Misalnya saja smartphone,. Di Jepang anda bisa membeli berbagaimacam model terbaru yang mungkin baru bisa anda beli beberapa bulan kedepan bila anda membelinya di indonesia.



Dan kali ini saya akan berbagi tips tentang tips aman belanja elektronik di Jepang. Bisa berupa smartphone, laptop, kamera, dan sebagainya.
Ada beberapa tips yang bisa anda jadikan pegangan bila anda ingin membeli oleh oleh dari Jepang. Baiklah langsung saja, berikut tipsnya untuk anda.

Beli di Toko Resmi

Tips yang pertama adalah dengan membeli produk langsung di toko resminya. Di Jepang ada banyak sekali toko resmi dari brand ternama. Seperti Apple, Cannon, dan sebagainya. Selain barang yang kita dapatkan terjamin kualitasnya, dari segi harga ada kemungkinan perbedaan bila dibandingkan membeli di tempat lain.

Selain itu, khususnya untuk produk smartphone kita bisa membeli yang versi internasional. Karena kebanyakan smartphone yang dijual dijepang sudah sepaket dengan layanan provider seperti docomo, softbank, dan lain sebagainya.
Bagi anda yang datang ke Jepang untuk berwisata, dengan membeli ditoko resmi bisa mendapatkan kesempatan bebas pajak dengan cara menunjukkan pasport anda. Tapi tentu saja belum tentu berlaku untuk semua brand.



Membeli di Mall Ternama

Tips yang kedua adalah sebagai jalan alternative bila anda tidak menemukan Toko resmi. Di Jepang ada banyak sekali mall atau tempat penjualan barang-barang elektronik yang sangat lengkap. Seperti Bic Camera, Yodobashi, dan lain sebagainya. Di mall ini, banyak sekali dijual brand-brand ternama dunia. Tak hanya di satu tempat, mereka juga memiliki banyak mall di berbagai kota.


Tips Membeli Barang Second di Jepang

Bagi anda yang ingin mempunyai model terbaru tapi terkendala di dompet, anda bisa memilih cara alternative dengan cara membeli barang bekas pakai atau barang second.

Hal ini biasanya dilakukan oleh teman-teman kita yang sedang magang di Jepang. Mereka memilih membeli produk second untuk digunakan sewaktu di Jepang, tetapi membeli baru saat akan pulang ke Indonesia.

Sama seperti di indonesia, di Jepang pun juga ada yang menjual barang bekas. Tapi bedanya, penjualan barang second di Jepang malah lebih terjamin. Pasalnya prinsip orang jepang adalah "Jika tidak mau dirugikan, jangan merugikan orang lain". Dengan prinsip tersebut, penjual akan benar-benar jujur dalam menjelaskan kondisi barang tersebut. Jika barang rusak sekecil apapun akan dikatakan rusak.


Tapi yang perlu anda perhatikan ketika membeli barang bekas adalah masalah harga. Memang orang Jepang akan jujur saat mengatakan kondisi barang, tetapi masalah harga adalah hak mereka yang menentukan. Jadi sebaiknya sebelum menentukan membeli sebuah barang second, lebih baik anda mencari referensi harga terlebih dahulu sebelum membelinya.

Meskipun membeli barang bekas di Jepang lebih terjamin kualitasnya, ada satu hal yang perlu anda garis bawahi. Yang memiliki pedoman"tidak mau merugikan orang lain" adalah orang Jepang. Jadi jika anda berniat membeli barang second di facebook atau dimanapun yang penjualnya sama-sama orang Indonesia, maka anda harus berfikir 2 kali untuk membelinya. Meskipun tidak semua penjual Indonesia melakukan hal yang buruk, tapi saya sarankan untuk berhati-hati jika belum kenal dengan si penjual.

Kenapa saya berpendapat demikian? Karena pengalaman ini pernah terjadi pada 2 teman saya saat magang di Jepang. Salah satunya membeli laptop merek apple atau macbook di Facebook. Si penjual mengatakan kondisi barang yang 100% berfungsi dengan baik. Namun ketika barang sudah sampai di tangan teman saya, ada beberapa hal yang tidak sesuai.

Yang pertama OS rusak. Disini pihak penjual meminta barang untuk di kirim balik untuk diperbaiki. Tentunya kirim balik dengan biaya sendiri. Setelah 1 minggu berselang, barang sudah sampai di tangan teman saya lagi. Tapi kerusakan lain muncul lagi, speaker tidak berfungsi. Semoga hal tersebut bisa menjadi pembelajaran untuk teman-teman yang alin.


Tips Membeli HP second di Jepang

Membeli hp bekas di Jepang tidak sama seperti di negara kita. Kalau di negara kita membeli hp merek apapun langsung bisa dipakai. Berbeda dengan di Jepang, kebanyakan hp di Jepang sudah diseting di provider tertentu. Jadi bisa dibilang kaya CDMA. Jadi kalau ingin membeli hp second di Jepang, pilihlah yang sudah diunlock atau yang sim free.

Tapi meskipun sudah diunlock terkadang masih ada yang tidak support dengan SIM card Indonesia. Sehingga masalah lain akan muncul saat dipakai di Indonesia. Seperti jaringan tidak terdeteksi atau mungkin bisa menangkap jaringan tapi tidak bisa Internet. Solusi terbaik adalah seperti yang saya tulis di atas, yaitu membeli yang versi internasional yang belum ada kontrak dengan provider manapun.

Itulah tips terbaru tentang Cara aman belanja elektronik di Jepang. Semoga bermanfaat..






Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar