Skip to main content

Viral! Penampakan Pocong Di Google Map Street View, Ini Fakta Sebenarnya


Klarifikasi Penampakan Pocong Di Google Map Kedungwaru Kidul

Belakangan ini banyak beredar postingan di facebook tentang penampakan di salah tempat di Google map. Disebuah daerah di Jawa tengah. Tepatnya di daerah kedungwaru kidul, Kabupaten Demak, Jawa tengah. Banyak sekali netizen yang ingin memastikan kebenaran berita viral tersebut dengan melihat sendiri Google map, dan mengetikan "kedungwaru kidul". Banyak yang bisa menemukannya di Google map. Tapi banyak juga yang hanya menemukan google street view biasa yang nampak seperti pada umumnya.


Saya pun mencoba memastikan sendiri apakah memang berita viral tersebut benar adanya. Setelah membuka daerah tersebut di Google map, ternyata memang benar nampak seperti ada penampakan pocong di salah satu gambarnya. Gambar tersebut sekilas tampak menyeramkan terlebih mata pocong terlihat seperti merah menyala.



Tapi bila anda lihat dengan teliti, gambar tersebut bukanlah gambar google street view seperti yang sedang ramai dibicarakan. Melainkan hanya sekedar hasil kamera 360° biasa. Hal tersebut dapat dipastikan karena hal-hal berikut ini.

  • Google street view tidak pernah mengambil gambar dimalam hari.
  • Dalam gambar penampakan tersebut tidak terdapat garis biru dan nama jalan seperti pada gambar google street view lainnya.
  • Pada gambar google street view yang asli, posisi view bisa maju dan mundur mengikuti garis warna biru. Sedangkan dalam gambar penampakan tersebut tidak bisa dirubah posisinya.
  • Dalam gambar atau foto  360° yang memperlihatkan penampakan pocong tersebut, terdapat notifikasi google "gambar ini mungkin memiliki hak cipta", yang mempertegas bahwa itu bukan hasil foto google sendiri.
  • Dalam foto juga terdapat nama akun yang mengupload gambar tersebut. Disitu tertulis ARTBiZ360 - JASAVR

Disitu terdapat nama akun yang telah mengupload foto penampakan tersebut. Setelah saya coba mencari di pencarian google, munculah beberapa akun dengan nama ARTBiZ360. Salah satunya adalah akun Instagram. Dalam profil akun tersebut tertulis " 360° Photographer , Streetview Trusted Photographer" yang menegaskan bahwa foto penampakan tersebut adalah salah satu hasil jepretannya. Dalam akun instagram itu pun pemiliknya juga telah memberikan klarifikasi mengenai Foto penampakan pocong di daerah kedungwaru kidul tersebut. 

Seperti inilah klarifikasi yang ditulis oleh pemilik akun artbiz360 tersebut.

Tadinya sih gak ada niat buat posting foto ini, tapi karena banyak yang DM serta kasih komentar #pocong di postingan foto #lebaran keluarga, maka dari itu aku kirimlah postingan ini. Biar pada komentar disini lah... Kan engga lucu saatnya pamer kehangatan keluarga malah diteriakin pocing. Palagi diserbu DM dengan pertanyaan serupa, capek jawabnya gaess....
.
Foto ini aku ambil sekitar 2 tahun yang lalu ketika sedang testing fitur malam di kamera baru aku. Niatnya ingin ambil pemandangan #milkyway karena saat itu langit sedang cerah-cerahnya. Ohya foto ini kuambil bukan sore hari ya, bukan waktu maghrib. Foto ini kuambil malam jam 9 mau 10.... Asal jeprat-jepret sih waktu itu. Waktu itu hasilnya engga terlalu terang sih, karena saat itu masih coba-coba kupelajari teknik motretnya. Nah setelah pulang, foto ini kuedit biar manis dan agak terang.
.
Belum notice juga kalo itu ada penampakan. Hingga beberapa waktu lalu ada yang bilang ada penampakan pocong di google map...! Ternyata itu foto jepretanku. Aku nggak mau bilang kalo di situ #horror atau #angker, aku sih positif thingking aja kalo ITU hanyalah serangga yang nempel di lensa, soalnya waktu ambil foto disitu aku enggak rasa apa-apa, seperti merinding, atau bulu kuduk berdiri misalnya... Atau mungkin akunya saja ya yang gak peka...
.
.
Kalo menurut klean, itu apasih sbenernya?

Dalam klarifikasi tersebut dijelaskan bahwa itu masnya berniat ngambil foto pemandangan milkyway dan saat itu pun juga tidak sadar kalau didalam hasil jepretnya ada penampakan tersebut. Masnya sendiripun bilang kalau itu bukan penampakan. Kalau kalian sendiri percaya gak sama masnya? atau malah percaya kalau itu penampakan pocong?

Share ke teman-teman kalian biar pada jelas dan tidak salah paham. Dan tulis di kolom komentar menurut kalian itu apa,,,
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar