Skip to main content

Apa Itu Copyright? Bagaimana Cara Menghindari Copyright?


Pengertian Copyright dan Manfaatnya

Bagi orang yang sering berkecimpung dalam dunia pembuatan konten atau content creator pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Tapi bagi orang awam mungkin sudah sering mendengar tapi tidak tahu apa itu arti sebenarnya. Apa lagi bagi orang yang baru saja mulai dalam dunia youtube. Mungkin anda akan sering berurusan dengan masalah ini. Terlebih bagi anda yang membuat konten dengan editing konten yang sebelumnya sudah ada. Lalu apa sih pengertian copyright itu?


Berikut ini adalah pengertian copyright atau hak cipta secara umum.

Copyright adalah hak eksklusif Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk mengatur penggunaan hasil penuangan gagasan atau informasi tertentu. Pada dasarnya, hak cipta merupakan "hak untuk menyalin suatu ciptaan".


Jadi bisa dikatakan yang berhak mengcopy atau memperbanyak konten tersebut adalah hanya si pemegang hak cipta tersebut dan orang yang diberikan ijin oleh pemegang hak cipta saja. Lalu kenapa harus ada hak cipta atau copyright? Dengan mematenkan atau memiliki hak cipta suatu karya bisa meminimalisir tindakan penjiplakan atau plagiat. Sehingga orang lain tidak bisa mengambil keuntungan atas ciptaan orang lain.


Lalu bagaimana bila konten kita terkena pelanggaran hak cipta atau copyright strike? Solusi terbaik adalah jangan mengupload konten tersebut, atau paling tidak rubah dulu konten anda agar tidak terdeteksi sebagai pelanggaran hak cipta. Ada beberapa tips untuk menghindari copyright strike yang bisa anda terapkan.


Cara Menghindari Copyright strike di Youtube


  • Jangan mengambil atau menggunakan video orang lain. Sebisa mungkin gunakanlah hasil karya anda sendiri. Kalau sekiranya belum bisa membuat sendiri, gunakan konten atau video yang berlisensi Creative Commons. Video-video tersebut boleh digunakan lagi secara bebas tanpa takut adanya pelanggaran hak cipta.
  • Pada video yang menggunakan backsound lagu, sebaiknya gunakan lagu versi cover. Jangan menggunakan versi original dari pemilik aslinya. Dengan menggunakan lagu cover, kemungkinan terjadi pelanggaran akan semakin kecil, karena lagu cover biasanya juga tidak memiliki hak cipta.
  • Bila ingin mengutip sebagian karya orang lain, sebaiknya anda sudah memiliki ijin terlebih dahulu dari pemilik konten tersebut. Dengan begitu anda bisa menggunakan dengan tenang karena sudah memiliki ijin langsung dari pemiliknya.

Demikian sedikit ilmu yang bisa saya bagikan. Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar