Skip to main content

Cara Screenshot di Iphone 5/6s/7/8 dan Tipe Lainnya


Cara Mengambil Gambar Layar Pada Iphone 6s Plus

Pernahkan anda menemukan hal menarik atau informasi di sosmed yang ingin anda bagikan kepada teman anda? Namun disaat yang sama anda tidak tahu cara mengambil gambar layar atau screenshot dari hp anda. Dan yang anda lakukan malah meminjam hp teman untuk memotret layar tersebut.

Sebenarnya disemua merek smartphone sudah disediakan fitur screenshot yang bisa digunakan. Namun sayang fitur tersebut jarang dipakai oleh penggunannya. Mungkin karena memang fitur ini tidak begitu sering digunakan atau bahkan sama sekali tidak kepikiran kalau di hpnya ada fitur ini.

Sama halnya pada Iphone, kebanyakan pengguna juga merasa bingung saat ingin mengambil screenshot di hp mereka. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips cara screenshot pada Iphone. Cara ini bisa dipakai di hampir semua tipe iphone, mulai dari iphone 5, 6, 6s plus, 7, dan 8.



2 Cara Mengambil Screenshot di Hp Iphone

Pada iphone sendiri terdapat dua cara yang bisa dipakai untuk melakukan screenshot. Berbeda pada hp android pada umumnya yang hanya menyediakan satu fitur screenshot. Mungkin hal ini juga menjadi salah satu kelebihan iphone.

1. Menggunakan kombinasi tombol Power dan Home

Cara yang pertama mungkin hampir sama dengan smartphone android pada umumnya. Yaitu dengan menekan 2 tombol secara bersamaan. Dengan menekan tombol home dan power bersamaan, anda bisa mengambil gambar dilayar anda. Bila screenshot berhasil akan ditandai dengan layar berkedip putih. Hasil screenshot akan muncul beberapa saat dipojok kiri bawah layar dan anda bisa melakukan quick edit saat itu juga.


2. Menggunakan pintasan fitur Assistive Touch

Assistive Touch adalah fitur unik yang disediakan diperangkat iphone dan ipad yang memiliki banyak fungsi sebagai pintasan tombol-tombol fisik. Selain itu juga berfunsi sebagai pintasan menuju menu lain sehingga anda tidah perlu ribet mencarinya.


Secara default fitur ini belum aktif ketika anda membeli iphone baru. Untuk menggunakan fitur ini, anda bisa mengaktifkannya terlebih dahulu melalui Menu pengaturan. Langkah-langkahnya buka menu Pengaturan > Aksesibilitas > Sentuh > AssistiveTouch > Ubah ke posisi On. Untuk lebih jelasnya bisa lihat di gambar berikut.




Mungkin pada tipe atau versi Ios yang lain urutan pengaturan akan sedikit berbeda tetapi secara garis besarnya tetap sama.

Setelah Assistive Touch aktif akan muncul tombol berwarna putih transparan dilayar. Untuk mengambil screenshot anda bisa melakukannya dengan cara Tekan assistive touch > Perangkat > Lainnya > Jepretan Layar.




Hasilnya akan sama saja dengan menggunakan cara yang pertama tadi. Anda juga bisa melakukan pengeditan cepat pada hasil screenshot. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar