Skip to main content

Cara Mengganti Background Layar Utama Atau Tema Whatsapp

Cara Mengganti Tema Chat di Whatsapp Android

Sudah lama memakai aplikasi messenger WA? Tapi tampilannya masih sama saja tidak berubah ubah. Masih gitu gitu aja. Pasti banyak diantara pengguna wa yang merasa bosan dengan tampilan bawaan aplikasi whatsaap, termasuk juga anda.

Aplikasi Whatsapp bisa dikatakan aplikasi messenger yang paling populer saat ini. Namun, meskipun sudah memiliki banyak pengguna, pihak developer belum juga membuat fitur custom kepada pengguna untuk mengganti background layar utama atau tema bawaan whatsapp.

Tidak ada fitur ganti tema? Mungkin itu yang ada dalam pikiran anda. Lalu bagaimana tampilan whatsapp teman bisa dirubah?



Anda pasti sudah pernah melihat tampilan wa teman atau saudara anda yang berbeda dari tampilan pada umumnya. Lalu bagaimana mereka bisa menggantinya menjadi seperti itu? Padahal pihak developer tidak membuat fitur merubah tema?

Jawabanya adalah aplikasi whatsapp yang mereka pakai adalah versi mod atau modifikasi. Alias aplikasi yang tidak resmi. Tapi meskipun bukan aplikasi resmi, secara fungsi masih sama dengan aplikasi yang asli. Bahkan ada banyak fitur yang tidak ada di dalam aplikasi resmi. Salah satunya fitur mengganti background layar utama.

Nah, untuk itu kali ini saya akan berbagi tentang cara mengganti tampilan utama whatsapp. Yang tak lain adalah menggunakan aplikasi mod whatsapp yang bernama GBWhatsapp. Baiklah langsung saja simak langkah-langkahnya berikut ini.


Cara Mengganti Tampilan Utama Aplikasi Whatsapp

1. Back Up Data WA 

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membackup semua data chatting pada aplikasi whatsapp asli yang sebelumnya anda pakai. Hal ini bertujuan agar semua data chat maupun kontak tidak hilang dan bisa di restore kembali di aplikasi mod nantinya.
Perlu diketahui bahwa jika anda ingin menggunakan whatsapp versi mod, anda harus menghapus aplikasi yang resmi.



2. Download GBWhatsapp

Anda bisa mendownload langsung aplikasi GBWhatsapp diweb nya langsung GBplus atau bisa juga melalui search digoogle. Jika download langsung di web, anda bisa langsung memilih versi yang anda inginkan. Versi biasa, transparan, atau aero.


3. Install Aplikasi GBWhatsapp

Pada saat menginstal aplikasi whatsapp mod GBWhatsapp, pastikan anda sudah menghapus atau meng uninstall aplikasi yang asli atau resmi. Dan yang paling penting, jangan sampai lupa BACK UP terlebih dahulu data WA agar bisa dipulihkan di aplikasi GBWhatsapp nantinya. Karena kalau sampai lupa, maka semua kontak dan riwayat chatting anda akan wasalam.


4. Login dan Restore Data

Setelah aplikasi GBWhatsapp sudah terinstal, langkah selanjutnya adalah login ke aplikasi menggunakan nomor yang sebelumnya anda pakai pada WA asli. Jangan lupa gunakan tombol restore atau pulihkan, agar data dan kontak pada WA sebelumnya bisa kembali. Seperti pada saat awal menggunakan sebuah aplikasi, mungkin anda akan menemukan permintaan ijin aplikasi untuk mengakses perangkat anda.



5. Setting atau Ganti Tema

Dan yang terakhir adalah yang menjadi tujuan kita. Yaitu mengganti tema atau tampilan utama whatsapp. Untuk mengatur tampilan utama atau tema, Anda bisa melakukannya dengan masuk ke pengaturan. Caranya, klik " menu titik 3 " dibagian pojok kanan atas , lalu pilih " GB settings ".




Disitu akan ada beberapa pilihan setting, pilihlah pada bagian " themes ". Anda bisa memilih banyak pilihan tema yang bisa anda pakai. Anda juga bisa menggunakan menu "Appearance" untuk mengatur tampilan dan fitur-fitur lainnya.




Untuk menerapkan atau mengaplikasikan tema yang anda pilih, klik menu " Apply" dan sekarang tampilan WA anda sudah berubah.




Seperti itulah langkah-langkah mengganti tampilan atau background layar utama whatsapp. Dengan begitu anda akan bisa mengganti tema whatsapp anda kapan saja. Namun demikian perlu dipahami bahwa aplikasi semacam ini adalah aplikasi hasil modifikasi dari versi aslinya. Dengan kata lain dari segi sistem dan keamanannya pun sudah berbeda dari versi yang asli. Tidak hanya GBWhatsapp, tapi juga aplikasi whatsapp mod lainnya.

Dari pihak whatsapp sendiripun sudah menegaskan bahwa keamanan dari aplikasi pihak ketiga tersebut perlu diwaspadai. Karena bisa saja aplikasi tersebut rentan terhadap pembajakan dan tindakan yang merugikan lainnya. Bahkan dengan menggunakan aplikasi mod seperti ini, bisa berpotensi terkena pemblokiran akun whatsapp yang sesungguhnya. Semoga anda bisa memahami hal ini, sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi dari pihak ketiga.




Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar