Skip to main content

Cara Pendaftaran Tes Keterampilan Tokutei Ginou Perawat atau Caregiver


Pendaftaran Tes Keterampilan Perawat ke Jepang

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, saat ini jepang sedang membuka peluang kepada tenaga kerja asing yang memiliki skill atau keterampilan khusus. Salah satunya yang paling banyak dibutuhkan adalah tenaga kerja dibidang perawat atau caregiver. Hal tersebut terjadi karena jumlah lansia di Jepang yang terus meningkat.

Menanggapi kebutuhan tersebut, pemerintah Jepang pun sudah melakukan kerja sama dengan Indonesia untuk mengirimkan tenaga kerja profesional atau yang memiliki skill dibidang tersebut.

Pemerintah Indonesia dalam hal ini kementrian ketenagakerjaan pun juga sudah mengumumkan jadwal pelaksanaan tes keterampilan perawat beberapa waktu yang lalu. Seperti yang diumumkan di situs resmi kemnaker, Tes keterampilan tokutei ginou bidang perawat akan dilaksanakan pada 27 Oktober hingga 17 November 2019 di Jakarta. Atau lebih tepatnya di Universitas Gunadarma, Kampus Simatupang dan di PT International Test Center (ITC- Indonesia).

Namun kendati jadwal tes sudah di umumkan, masih banyak teman-teman kita yang belum tahu bagaimana cara mendaftar untuk mengikuti tes keterampilan tersebut. Mungkin hal tersebut terjadi karena minimnya sosialisasi dari pihak terkait dan juga kurang digaungkannya program ini.

Untuk itu, kali ini saya akan memberikan gambaran singkat atau garis besar Cara Daftar Tes Keterampilan Tokutei Ginou, khususnya bidang perawat.



Cara Daftar Ujian Keterampilan Tokutei Ginou

Tes keterampilan ini dilakukan oleh perusahaan sertifikasi yang berlaku secara global. Jadi penilaian hasil tes dan kelulusan tidak dilakukan oleh pemerintah. Nama perusahaan tersebut adalah Prometric.

Untuk bisa mengikuti tes keterampilan, ada 2 tahapan garis besar proses pendaftarannya. Yang pertama anda harus Membuat akun atau ID Prometric, dan yang selanjutnya Melakukan pemesanan atau pendaftaran keikutsertaan tes.

1. Membuat Akun atau ID Prometric

Untuk mendapatkan akun atau ID Prometric anda bisa membuka link berikut ini , http://ac.prometric-jp.com/testlist/nc/en/index.html . Pendaftaran ID Prometric ini gratis, yang memerlukan biaya adalah nanti saat mendaftar keikutsertaan atau memesan tes.

Pada halaman pertama yang muncul pilihlah negara dimana anda ingin mengikuti tes keterampilan, disini kita pilih Indonesia. Setelah itu akan muncul halaman yang berisi informasi mengenai tes keterampilan ini. Mulai dari persyaratan mengikuti tes, tempat pelaksanaan tes, dan lain-lain.

Pada halaman utama pilih menu " Obtain Your Prometric ID " lalu akan terbuka halaman baru yang berisi informasi tentang Prometric. kemudian klik "Next".


Setelah itu akan muncul persetujuan mengenai informasi pribadi. Jika anda setuju klik "Agree".


Kemudian masukkan alamat email anda dan klik "Next".


Setelah itu periksa alamat email yang anda tulis tadi agar tidak ada kesalahan, lalu klik "Next".


Kemudian akan muncul pemberitahuan bahwa email sudah terdaftar dan konfirmasi untuk mengirimkan email berisi ID Prometric, lalu klik "Yes".


Selanjutnya anda akan diminta untuk mengatur kata sandi akun anda. Tulis kata sandi anda 2x pada kolom password dan confirm password, lalu klik "Next".


Kemudian akan muncul form pengisian data diri. Isilah informasi secara lengkap dan benar sesua kartu identitas anda. lalu klik "Next".


Akan muncul konfirmasi mengenai data diri anda. Baca sekali lagi isi form tersebut agar tidak terjadi kesalahan. Jika sudah yakin, klik "Next".


Dan pendaftaran ID Prometric anda sudah selesai. ID Prometric akan dikirimkan melalui email yang didaftarkan tadi. ID Prometric ini akan digunakan saat ingin mendaftarkan tes keterampilan.



2. Pendaftaran Tes atau Ujian Keterampilan 

ID Prometric sudah siap, selanjutnya adalah pendaftaran tes keterampilan. Dalam pendaftaran tes keterampilan inilah yang akan memerlukan biaya. Biaya yang harus dibayarkan adalah untuk setiap tes yang diikuti. 

Pembayaran bisa menggunakan kartu kredit atau bisa juga munggunakan Voucer yang bisa didapatkan di sekretariat atau tempat diadakan tes tersebut yaitu di Universitas Gunadarma, Kampus Simatupang dan di PT International Test Center (ITC- Indonesia) (pembelian jauh hari sebelum tanggal tes, bukan saat hari H diadakan ujian)

Untuk cara pendaftaran atau pemesanan tes, anda bisa login ke akun atau ID Prometric anda memalui link yang sama saat pendaftaran sebelumnya berikut ini http://ac.prometric-jp.com/testlist/nc/en/index.html dan pilih negara Indonesia. Pendaftaran paling lambat 3 hari kerja sebelum tanggal tes.



Pada halaman utama pilihlah menu "Login" lalu akan terbuka halaman baru. Setelah itu masukkan nama depan, nama belakang, ID prometric dan juga password anda, lalu klik "Login".


Setelah itu akan muncul halaman akun anda. Pada halaman ini akan terdapat daftar ujian yang telah kita pesan. Karena baru pertama kali, maka daftar tersebut masih kosong.

Untuk memesan tes, pilih menu "Reserve Tes" pada halaman tersebut. Kemudian akan muncul persyaratan dan ketentuan tes yang harus disetujui. Jika anda setuju klik "Agree".


Setelah itu akan muncul pertanyaan yang berisi "apakah anda pernah merubah informasi pribadi yang pernah terdaftar? Jika ingin merubah informasi pribadi lakukan sebelum pendaftaran tes", lalu klik "Ok".


Kemudian akan muncul data diri yang telah anda daftarkan sebelumnya, jika informasi data diri benar klik "Continue". Jika ada informasi yang ingin anda rubah anda bisa memilih "Change your Personal Information". 

Perlu diketahui perubahan isi data yang dilakukan kurang dari 3 hari kerja sebelum ujian tidak bisa diproses. Dan pastikan nama yang terdaftar sama persis dengan nama di PASPOR.


Setelah itu akan ditampilkan peraturan ujian, klik "Agree and Continue" .

Kemudian akan muncul daftar pilihan ujian, pilihlah ujian yang anda inginkan. Untuk dalam kasus ini, pilihlah ujian dasar JTF, lalu klik "Next".


Kemudian akan muncul pertanyaan mengenai data pribadi, isilah pertanyaan tersebut lalu klik "Next".

Setelah itu pilih tanggal ujian yang anda inginkan lalu klik "Search". Kemudian akan muncul tempat ujian dan waktu yang tersedia. Pilihlah waktu yang anda inginkan dari daftar tersebut.


Perlu diperhatikan, daftar tersebut juga menampilkan semua daftar tes dari negara lain, jadi pastikan anda memilih tempat tes yang benar. Jangan sampai memilih tes di negara lain.


Setelah memilih waktu ujian, akan muncul metode pembayaran yang bisa digunakan. Anda bisa menggunakan kartu kredit dan voucer. Untuk metode pembayaran pada artikel kali ini saya akan menggunakan voucer saja.

Voucer pembayaran bisa dibeli di tempat yang menyelenggarakan tes tersebut yaitu Universitas Gunadarma, Kampus Simatupang dan di PT International Test Center (ITC- Indonesia).


Saat melalukan pembayaran menggunakan voucer, masukan nomor voucer dan tanggal kadaluarsa pada form yang tersedia lalu klik "Next". Pastikan memilih tanggal ujian sebelum tanggal kadaluarsa voucer habis.


Kemudian akan muncul konfirmasi tentang detail pemesanan ujian. Jika informasinya sudah benar masukkan nomor darurat yang bisa dihubungi sewaktu-waktu, lalu klik "Reserve".


Pemesanan atau pendaftaran tes telah selesai, kemudian akan muncul konfirmasi pendaftaran tes. Pemberitahuan pemesanan tes juga akan dikirimkan melalui email yang terdartar. Pastikan anda mencetak bukti atau konfirmasi pemesanan tersebut dan membawanya saat Tes. Jika tidak anda tidak akan diperbolehkan mengikuti tes tersebut.



Seperti itulah langkah-langkan pendaftaran tes keterampilan tokutei ginou. Untuk informasi lainnya mengenai cara merubah jadwal tes, atau membatalkan pendaftaran tes, anda bisa membacanya Disini.
Jika informasi ini bermanfaat, share ke teman-teman anda agar mereka bisa mengetahuinnya. Terus ikuti perkembangan seputar Tokutei Ginou melalui IDmarimo. Semoga bermanfaat,,


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar