Skip to main content

Apa Itu bit.ly dan Apa Manfaat Kegunaannya?


Apa sih bit.ly itu? Dan apa manfaat menggunakannya? Kenapa harus bit.ly?
Bagi anda yang sering berselancar di sosial media, pasti pernah sesekali melihat link bit.ly. Mungkin masih banyak orang yang belum paham mengenai link bit.ly ini. Untuk sedikit membuka gambaran, berikut ini adalah pengertian bit.ly


Bitly adalah layanan URL Shortener dan Link Management Platform yang memungkinkan untuk merubah URL yang panjang menjadi lebih ringkas dan juga menentukan nama yang lebih mudah diingat pada URL yang telah dipendekkan.

Contoh link:

http://bit.ly/HNk76K
http://bil.ly/FormPendaftaran2019


Selain bit.ly, sebenarnya ada layanan shortener link yang lain. Seperti goo.gl, adf.ly dan masih banyak lainnya.


Lalu untuk apa menggunakan shortener link?
Seperti yang disebutkan pada pengertian diatas, tujuannya adalah untuk membuat lebih link atau url menjadi lebih pendek. Sehingga akan lebih mudah diingat. Bayangkan saja kalau harus membagikan sebuah link yang masih dalam bentuk aslinnya, misal http://smkmajumundur.com/HkldbYR34/A5/daftarbaru pastinya akan sulit diingat bukan?

Selain itu dengan menggunakan shortener link, memungkinkan untuk melihat statistik data mengenai berapa kali, dari mana,dan melalui apa link tersebut di klik atau diakses. Bahkan semua orang pun bisa melihat statistik tersebut tanpa harus memiliki akun bitly. Caranya hanya dengan menambahkan karakter "+" setelah bitlink nya.

Kegunaan lainnya adalah biasanya digunakan oleh marketer untuk menyembunyikan atau menyamarkan link affiliate dari para pelanggan.

baca juga " Kiat-Kiat Membuat Blog "


Kenapa harus bit.ly?
Alasan kenapa memakai bit.ly, adalah tergantung dari tujuan shortening link itu sendiri. Apakah hanya sekedar agar link mudah diingat saja, atau untuk mendapatkan uang?

Bila tujuannya untuk mempermudah saja, lebih baik menggunakan bit.ly atau goo.gl saja. Selain gratis dalam penggunaanya, para pengguna pun tidak terganggu oleh adanya iklan-iklan.

Berbeda kalau tujuannya memang untuk mencari pendapatan, maka anda bisa menggunakan Adf.fy atau yang lainnya. Karena tujuannya untuk mencari keuntungan, penggunaan shortener jenis ini terkesan mempersulit pengguna. Sebab biasanya tampilan pertama saat link dibuka akan terlihat rumit. Bagi yang baru pertama kali pasti akan merasa kebingungan. Seperti adf.ly misalnya, tidak seperti bit.ly yang langsung redirect ke url aslinya.


Beberapa layanan shortener link yang menghasilkan uang antara lain sebagai berikut,
1. TMEarn
2. Wi.CR
3. Clicksfly.com
4. ShrinkEarn.com
5. safelinku.com

Mungkin setelah anda membaca tulisan ini, anda menjadi tertarik untuk mencoba shortener link berbayar tersebut. Caranya sangat simpel, anda tinggal mencari berita atau sesuatu yang sedang viral, lalu menjadikannya short link dan membagikannya ke sosial media.

Namun saran dari saya, jika anda berniat untuk menggunakan layanan shortener link untuk berbagi informasi, sebaiknya gunakan bit.ly atau goo.gl saja. Karena akan lebih memudahkan orang lain nantinya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar