Skip to main content

Bagaimana Cara Orang Jepang Menghafal Huruf Kanji? Tips Menghafal Kanji Dengan Cepat

Cara Menghafal Kanji Ala Orang Jepang

Bagi kita yang sedang belajar bahasa Jepang, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya huruf kanji. Yap, huruf yang sekilas tampak rumit untuk dibaca apa lagi dihafalkan. Huruf kanji sendiri sebenarnya bukanlah huruf asli Jepang, melainkan dari Cina. Tak aneh bila dua negara ini memiliki huruf yang sama. Hanya saja cara bacanya saja yang berbeda.

Mungkin bagi orang yang bukan orang Jepang berfikir, orang jepang luar biasa. Karena mereka bisa menghafal ribuan huruf kanji. Bahkan mungkin ada yang beranggapan bahwa mereka bisa membaca semua kanji yang ada. Anggapan seperti itu adalah salah besar. Karena banyak orang jepang yang tidak bisa membaca kanji tertentu.


Yang benar saja, huruf kanji ada puluhan ribu jumlahnya. Dan tidak semua huruf kanji digunakan di kehidupan sehari-hari. Menurut penelitian ada sekitar 50.000 kanji. Dari jumlah tersebut 10.000 digunakan , dan dari 10.000 huruf tersebut 2.000 yang paling sering digunakan sehari-hari. Di Jepang sendiri menetapkan standar sebanyak 1850 huruf kanji yang harus dipelajari di tingkat SD dan SMP. Lalu bagaimana cara orang jepang menghafalkan 1850 kanji tersebut?


Cara Orang Jepang Menghafal Kanji

Dalam sebuah video di youtube yang pernah saya lihat, seorang Jepang menceritakan proses mereka sampai bisa mengingat begitu banyaknya huruf kanji. Orang jepang pada umumnya mulai mempelajari huruf kanji sejak di sekolah dasar. Tentunya untuk anak sd harus menghafal setiap hari adalah sangat membosankan. Namun mereka tetap melakukannya karena itu adalah suatu keharusan.

Jadi agar kita juga bisa seperti mereka, kita juga harus menanamkan cara pikir bahwa, menghafal kanji adalah kebutuhan kalau ingin mempelajari bahasa Jepang.

Orang asing mungkin berfikir kalau anak-anak jepang belajar kanji di sekolah sejak kecil. Tapi hal itu salah. Saat belajar di sekolah mereka jarang ada pelajaran menghafal kanji. Mereka belajar kanji di luar jam sekolah. Yakni dengan diberikannya PR dari sekolah. Misalnya dalam sehari mereka diberi tugas menghafal 10 kanji dengan cara menuliskan 10 kali kanji-kanji tersebut. Jadi dalam sehari mereka menulis sebanyak 100 huruf.

Bayangkan, 100 huruf untuk seusia anak SD yang umur-umurnya masih pada pengen main. Pastinya sangat membosankan bukan. Dan hal itu mereka lakukan sampai mereka lulus sekolah. Jadi tidak ada alasan kita untuk tidak bisa menghafal kanji. Anak SD saja bisa masa kita tidak?



Tips dan Cara Menghafal Huruf Kanji Dengan Mudah dan Cepat

1. Tentukan tujuan dan target
Sebenarnya tidak hanya dalam menghafalkan huruf kanji saja, menentukan tujuan dan target adalah penting. Tentukan apa tujuan anda dalam menghafalkan huruf kanji. Untuk menunjang pendidikan kuliah atau anda ingin bekerja di Jepang. Dan buatlah target pencapaian agar hafalan tetap konsisten. Misalnya satu hari 3 kanji. Lebih baik sedikit tapi rutin dari pada langsung banyak tapi langsung lupa.


2. Menghafal kanji sekaligus kosakata
Dengan menghafalkan kanji sekaligus kosakata akan lebih efisien dan juga mudah difahami. dengan begitu kita bisa menghafal cara baca onyomi maupun kunyomi dari kanji sebuah kanji. Dan biasanya kosakata yang menggunakan kanji yang sama dengan kosakata yang lain, memiliki arti yang berkaitan. Meskipun tidak semuanya.


3. Menggunakan Flash Card
Cara ini sangat bagus untuk meng-dril hafalan kita. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan membuat kartu hafalan. Misalnya pada bagian depan kartu bagian atas ditulis huruf kanjinya dan bagian bawah ditulis cara baca onyomi maupun kunyomi. Sedangkan bagian belakang bisa ditulis contoh kosakata yang menggunakan kanji tersebut.

Cara ini juga bisa dipakai untuk menghafalkan kosakata atau kotoba. Bagian depan atas di tulis kanji dari sebuah kosa kata, dan bagian bawah ditulis cara bacanya dengan hiragana atau katakana. Sedangkan bagian belakang untuk artinya.

Jika anda malas membuat kartu, anda bisa menggunakan aplikasi FlashCards dari Chegg di smartphone anda. Jadi anda menggunakannya dimanapun anda berada.


4. Sering membaca tulisan kanji
Hafalan setiap hari tapi jarang digunakan maka hasilnya sama saja. Jadi kita harus sering menggunakan hafalan supaya tidak mudah lupa. Anda bisa mengasah hafalan dengan sering membaca tulisan kanji.

Bisa membaca manga atau membaca berita atau artikel berbahasa Jepang. Tapi untuk pemula, saya pikir akan susah jika langsung membaca artikel bertuliskan kanji tanpa adanya cara baca atau huruf furigana nya.

Saran saya ada baiknya anda menggunakan aplikasi Nihonggo Jin. Aplikasi ini mirip dengan aplikasi sosmed facebook atau instagram. Bedanya dalam aplikasi ini kebanyakan adalah orang yang sama-sama sedang mempelajari bahasa Jepang. Dan huruf yang digunakan juga standar yang sedang dipelajari. Selain itu kelebihan aplikasi ini adalah adanya menu furigana yang akan memperlihatkan cara baca dari sebuah kanji.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah kita bisa berkomentar di postingan orang lain dengan menggunakan bahasa jepang atau bahkan bisa chat langsung dengan orang lain yang sama-sama belajar bahasa Jepang. Disini kita bisa melatih kanji sekaligus pola kalimat atau bunpou yang telah kita pelajari.

Itulah tips cara menghafalkan huruf kanji dengan mudah yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar