Skip to main content

Visa Tokutei Ginou Sudah Tersedia Di Indonesia, Ini Persyaratannya

Cara Mencari Visa Tokutei Ginou atau SSW dan Persyaratannya

Setelah sekian lama ditunggu akhirnya visa pekerja berketerampilan spesifik atau SSW sudah tersedia di Indonesia. Seperti yang kita ketahui sebelumnya, bahwa Indonesia dan Jepang telah menandatangani MoU kerja sama dalam bidang ketenagakerjaan.

Namun meskipun penandatangannan tersebut sudah dilakukan 2 bulan yang lalu, pelayanan permohonan visa tokutei ginou atau SSW di Indonesia baru mulai dilayani beberapa waktu yang lalu. Hal tersebut mungkin karena tokutei ginou merupakan sebuah program baru, yang membutuhkan persiapan teknis baik bagi Indonesia maupun Jepang sendiri.


Adapun persyaratan yang harus dipenuhi jika anda ingin mengajukan pembuatan visa tokutei ginou adalah sebagai berikut,

Syarat Pembuatan Visa Tokutei Ginou atau SSW


  1. Paspor
  2. Formulir Permohonan Visa  dan Pasfoto terbaru (ukuran 4,5 X 4,5 cm, diambil 6 bulan terakhir dan tanpa latar, bukan hasil editing serta jelas/ tidak buram). Formulir permohonan bisa didownload di website Kedutaan Besar Jepang .
  3. Foto kopi KTP
  4. Certificate of Eligibility (Asli & fotokopinya)
  5. Print-out/ hasil cetak E-KTKLN (Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri) yang diterbitkan melalui Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri (SISKOTKLN) BNP2TKI. Informasi lebih lanjut mengenai E-Kartu ini, dapat dilihat di sini 

Bagi anda yang sedang mencari visa Tokutei ginou mungkin agak sedikit bingung. Karena dalam persyaratan tersebut memerlukan dokumen CoE atau Surat Ijin Tinggal. Padahal dokumen tersebut hanya bisa didapat jika kita sudah memiliki perusahaan penerima atau perusahaan yang memperkerjakan kita. Lalu bagaimana cara mendapatkan CoE?

Mungkin untuk saat ini, penerbitan Visa Tokutei Ginou di Indonesia masih hanya diperuntukan bagi orang-orang Ex Kenshusei yang perusahaan tempat magang dulu mau memperkerjakan mereka lagi. Sehingga pihak perusahaan itulah yang akan mengurus CoE tersebut.

Sedangkan untuk umum, sampai saat ini belum diketahui kapan pemerintah atau kemnaker akan mengadakan tes seleksi Pekerja berketerampilan spesifik ini.

Dapatkan informasi terupdate mengenai Visa Tokutei Ginou dari Blog ini dengan cara Subscribe dengan Email anda di Menu paling bawah halaman ini. Masukan alamat email lalu klik submit. Dengan begitu anda akan mendapatkan informasi terbaru tokutei ginou dengan otomatis.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar