Skip to main content

Cara Melihat Lowongan Kerja Jepang Tokutei Ginou atau Specified Skill Worker Terbaru

Update Lowongan Tokutei Ginou Kemnaker


Hubungan kerja sama antara Indonesia dan Jepang semakin erat. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya program kerja sama baru yang dilakukan oleh kedua negara.

Salah satu program kerja sama yang baru adalah program pengiriman tenaga kerja Indonesia ke Jepang dengan berstatus Specified Skill Worker atau Pekerja Berketerampilan Khusus. Atau dalam istilah jepang disebut juga Tokutei Ginou.

Sebetulnya program pengiriman tenaga kerja semacam ini sudah dilakukan sejak dulu yaitu program pemagangan atau Ginou Jisshu. Program pengiriman putra putri Indonesia ke Jepang dengan status magang yang lama programnya antara 1 sampai 5 tahun saja.

Berbeda dengan program pemagangan, program baru Specified Skill Worker ini memberikan kesempatan kepada para pekerja asing, untuk menetap dijepang. Tentunya hal tersebut juga harus melalui berbagai tes kelayakan untuk bisa menetap dijepang.

Adanya program baru ini membuka peluang besar untuk para ex-jisshusei untuk kembali lagi bekerja ke jepang. Dijelaskan bahwa bagi para ex-jisshusei 3 tahun tidak diwajibkan mengikuti tes keterampilan dan tes bahasa, dengan syarat bidang pekerjaan harus sama dengan bidang kerja saat magang. Itupun juga kalau sudah ada perusahaan yang mau mempekerjakan mereka.

Lalu bagaimana caranya mendapatkan perusahaan penerima di Jepang?
Sekarang sudah banyak LPK atau yayasan yang "katanya" bisa membantu mencarikan perusahaan di Jepang. Itupun kebanyakan dari mereka hanya bisa membantu yang memiliki serifikat JITCO san-kyu. Atau sertifikat hasil ujian saat jisshusei akan kembali ke Indonesia. Tapi sebelum anda meminta bantuan pada sebuah lpk, sebaiknya anda berhati-hati agar tidak menjadi korban penipuan seperti pada artikel saya yang sebelumnya tentang Penipuan Iming-Iming Visa Tokutei Ginou.

Tapi bagaimana yang magang hanya 1 tahun, yang tidak memiliki sertifikat jitco atau yang lainnya? 
Meski tidak memiliki serifikat jitco, anda masih memiliki kesempatan untuk kembali bekerja ke jepang. Caranya adalah mengikuti tes sebagai pendatang baru. Bagi pendatang baru atau yang belum pernah mengikuti pemagangan di Jepang di wajibkan mengikuti seleksi atau tes keterampilan.

Informasi mengenai lowongan terbaru tokutei ginou, bisa dilihat langsung di situs kemnaker yaitu di ayokitakerja.kemnaker.go.id. Langkah-langkah untuk melihat lowongan terupdate adalah sebagai berikut.



Lowongan Terbaru Program Specified Skill Worker Jepang

Untuk melihat lowongan terbaru anda bisa langsung menuju ke situs resmi kemnaker https://ayokitakerja.kemnaker.go.id . Bukalah situs menggunakan versi desktop agar semua menu bisa muncul. Pada halaman utama situs, akan terdapat banyak informasi seputar lowongan kerja dalam negeri maupun luar negeri. Dihalaman utama itu juga biasanya pihak kemnaker akan meng informasikan perkembangan mengenai visa baru tokutei ginou.

Lowongan terbaru tokutei ginou bisa dilihat melalui menu "Cari Lowongan", kemudian pada bagian "telusuri lowongan" pilihlah negara "japan". Maka akan muncul daftar lowongan yang tersedia seperti contoh dibawah ini.






Anda bisa melihat detail pekerjaan, mulai dari tempat kerja, gaji yang ditawarkan, persyaratan melamar lowongan, dan lain sebagainya. Jika anda tertarik dengan lowongan yang tersedia, anda bisa melamar melalui menu "Lamar Sekarang" dibagian pojok kanan bawah. Tapi sebelumnya anda harus memiliki akun terlebih dahulu untuk melamar disitus ayokitakerja.kemnaker.go.id .




Sekian update mengenai program baru tokutei ginou kali ini. Ikuti terus perkembangan terbarunya dari blog IDmarimo ini. Semoga bermanfaat,,,

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar