Skip to main content

Materi Pembelajaran Skill Test Tokutei Ginou Bidang Agriculture

Buku Materi Pembelajaran Tes Keterampilan Specified Skilled Worker 


Terima kasih buat teman-teman yang setia mengikuti perkembangan program tokutei ginou bersama IDmarimo. Seperti yang sudah saya janjikan pada artikel saya yang sebelumnya yang membahas tentang Materi Skill Test Industri Makanan dan Minuman, pada kesempatan kali ini saya akan share lagi materi skill test di bidang pertanian dan peternakan.

Seperti yang sudah saya singgung di artikel sebelumnya, tes keterampilan agriculture ini adalah bidang yang ke dua yang pelaksanaannya tes dilakukan di Indonesia. Seperti yang kita tahu bahwa bidang yang pertama adalah bidang perawat atau care giver.

Saat awal-awal program tokutei ginou diresmikan, bidang pekerjaan agriculture menjadi salah satu bidang dengan jumlah peluang paling banyak. Pemerintah jepang menargetkan akan merekrut 36.500 orang pekerja dalam kurun waktu 5 tahun. Tentunya hal ini menjadi peluang besar bagi Indonesia. Terlebih negara kita termasuk negara agraris yang sama-sama memiliki lahan pertanian yang luas dan memiliki tenaga kerja yang ahli dalam bidang pertanian.


Jadwal Tes Keterampilan Bidang Agriculture

Beberapa waktu lalu pihak kemnaker melalui situs ayokitakerja.kemnaker.go.id telah menyampaikan bahwa skill tes bidang agriculture akan di laksanakan antara bulan januari dan maret 2020. Namun tanggal berapa pelaksanaan tesnya, pihak kemnaker belum memberikan kepastian.

Berdasarkan informasi yang admin dapat dari situs penyelenggara tes keterampilan bidang agriculture, jadwal tes untuk Indonesia akan dilaksanakan pada 7 Januari sampai 19 Maret 2020. Sedangkan untuk pendaftaran tes bisa dilakukan mulai 25 Desember 2019 melalui link berikut ini http://ac.prometric-jp.com/testlist/agriculture/index.html.


Buku Materi Tes Keterampilan Agriculture

Untuk memberikan kemudahan kepada para calon peserta skill test, Dewan Pertanian Nasional Jepang telah membuat buku pembelajaran pertanian dan peternakan umum. Dengan adanya buku ini para peserta tes bisa mempersiapkan diri dalam mengerjakan soal-soal tes. Selain itu, buku ini juga diharapkan bisa menambah pengetahuan yang dapat di aplikasikan saat bekerja nanti.

Bagi anda yang berminat mengikuti tes keterampilan bidang agriculture, anda bisa mendapatkan buku pembelajaran melalui link dibawah ini. Berbeda dengan materi bidang lain yang telah saya share sebelumnya yang ditulis dengan bahasa Inggris, buku materi bidang agriculture kali ini sudah tersedia dalam bahasa Indonesia. Sehingga akan lebih mudah untuk dipelajari.

Link Buku Materi Pembelajaran Bidang Agriculture


Ikuti terus perkembangan program tokutei ginou bidang yang lain bersama IDmarimo dengan cara subscribe artikel melalui form langganan dibagian paling bawah halaman ini. Atau bisa juga dengan Like dan mengikuti Fanpage IDmarimo di Facebook untuk mendapatkan info menarik lainnya. Semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar