Skip to main content

Cara Pendaftaran Tokutei Ginou atau Specified Skilled Worker di BNP2TKI


Cara Melihat Lowongan Tokutei Ginou Jepang Disnaker

Belakangan ini sudah banyak yang tahu bahwa visa tokutei ginou sudah tersedia di Indonesia. Untuk permohonan visa tokutei ginou ini anda bisa langsung datang ke Japan Visa Application Center (JVAC) yang terletak di Lotte Shopping Avenue lantai 4. Adapun persyaratan yang dibutuhkan untuk pengajuan visa ini anda bisa membacanya di postingan saya sebelumnya visa tokutei ginou sudah tersedia di Indonesia.


Dalam persyaratan permohonan visa tersebut ada salah satu dokumen yang harus anda miliki yaitu Certificate of Eligibility ( CoE ) atau biasa disebut Surat Ijin Tinggal. Bagi anda yang mencari informasi Visa Tokutei Ginou dalam artian anda sedang mencari lowongan kerja di Jepang dengan Visa tokutei ginou pasti akan merasa bingung. Karena untuk mendapatkan CoE, kita harus sudah memiliki kontrak kerja di Jepang. Sedangkan tujuan anda adalah mencari lowongan kerja juga.


Bagaimana cara kita bisa mendapatkan kontrak kerja dengan perusahaan di Jepang? 

Seperti yang diutarakan oleh kementrian ketenagakerjaan beberapa waktu yang lalu, bahwa yang bisa mengirimkan tenaga kerja dengan visa tokutei ginou hanya pemerintah saja. LPK atau lembaga swasta hanya bisa berpartisipasi sebagai konsultan atau penyedia pelatihan bahasa saja.


Oleh karena itu seluruh lowongan kerja ke luar negeri termasuk juga tokutei ginou atau Specified Skilled Worker akan dipublikasikan melalui situs resmi pemerintah. Yang dalam hal ini diurus oleh BNP2TKI.


Bagaimana Cara Mengetahui Lowongan Kerja Visa Tokutei Ginou?

Sebenarnya pihak pemerintah sudah mulai membuka lowongan ini beberapa waktu yang lalu melalui situs BNP2TKI. Namun mungkin kurang digalakkan sehingga masih banyak yang belum mengetahuinya. Langkah-langkahnya pun sangat mudah , anda bisa langsung mengunjungi situs Info Loker BNP2TKI.

Pada halaman utama anda bisa memasukan beberapa kategori yang ingin anda cari. Karena dalam ini kita akan mencari lowongan dengan visa tokutei ginou, maka kita bisa memasukan kategori negara Jepang seperti contoh berikut ini.



Lalu klik tombol "Find" maka akan muncul hasil seperti dibawah ini,




Bagaimana Cara Melamar Kerja Tokutei Ginou?

Untuk melamar lowongan kerja visa tokutei ginou tersebut, anda harus terdaftar dulu di Situs BNP2TKI. Cara registrasinya cukup mudah, anda tinggal klik menu "Daftar" pada halaman utama situs tadi, lalu isi identitas data diri anda. Disitu anda diminta memasukan nomer KTP atau NIK sehingga data akan terisi secara otomatis sesuai data base kependudukan anda.



Setelah klik "Sign Up", anda akan menerima email verifikasi untuk aktifasi akun baru anda. Terkadang email verifikasi tidak langsung terkirim, jadi ditunggu saja sampai emailnya masuk.

Jika akun anda sudah terverifikasi, anda bisa langsung melamar lowongan tokutei ginou yang tersedia. Caranya hampir sama seperti saat mencari lowongan pertama tadi, anda bisa memasukan kategori Country "JAPAN". Pada menu Scheme biarkan saja pada opsi "All".
Secara otomatis akan muncul lowongan yang tersedia. Untuk melamar lowongan kerja tersebut anda bisa klik tombol "Apply". Lalu ikuti petunjuknya lebih lanjut.



Mungkin untuk saat ini jumlah lowongan masih terbatas di beberapa bidang saja. Semoga kedepannya bisa menyediakan lowongan di bidang yang lainnya.

Jika postingan ini dirasa bermanfaat, share ke teman anda agar bermanfaat untuk orang lain. Ikuti perkembangan Tokutei Ginou dari Blog ini dengan cara Subscribe melalui email dengan cara submit email anda di menu paling bawah halaman ini.

sumber : https://www.id.emb-japan.go.jp/visa_tokuteiginou.html?fbclid=IwAR29rBSKqDd5c6guxzdaBNlQpfV3eNKtUblIXbMIxZxQiARuE-bHrinnp5g
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar